Ternyata Begini Bikin Adegan Kebakaran di Sinetron, Sederhana Banget

Ilustrasi kebakaran.
Sumber :
  • Dok. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok

VIVA – Kalau kamu pernah melihat adegan rumah kebakaran, baik di sinetron, FTV, atau film Indonesia, semuanya memang nampak menakutkan. Bahkan banyak yang bertanya-tanya apakah benar adegan tersebut dibuat nyata dengan benar-benar membakar rumah atau sebuah bangunan.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Membuat scene atau adegan kebakaran sungguhan membutuhkan biaya yang sangat besar, karena yang terbakar biasanya berupa rumah atau bangunan beserta isinya. Tidak hanya itu, risiko keselamatan yang harus ditanggung juga besar, jika sampai ada pemain atau kru yang mengalami kecelakaan akibat kebakaran tersebut.

Karena itu, untuk meminimalkan bujet produksi dan risiko kecelakaan, ternyata adegan kebakaran tidak benar-benar dibuat sungguhan. Hanya ada sebagian kecil api yang digunakan untuk membuat efek sebuah kebakaran. 

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Informasi ini diunggah oleh akun Instagram @unikinfo_id, dalam sebuah video singkat di balik layar atau behind the scene dari sebuah adegan kebakaran pada sebuah produksi sinetron. 

Dalam video tersebut, si aktris berakting seolah-olah terjadi kebakaran sungguhan. Ia menangis dan berteriak-teriak seolah ada orang yang masih terjebak di dalam rumah yang kebakaran. Padahal, kru hanya menggunakan api yang dinyalakan dari sebatang kayu. 

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Untuk lebih meyakinkan, dua orang pria berpura-pura memegangi si wanita dan berusaha menahan agar dia tidak masuk dalam rumah yang sudah terlalap api. Sementara pemeran pendukung lain berakting untuk berusaha memadamkan api dengan cara menyirami dengan ember berisi air.

Satu kru yang bertugas memegangi sebatang kayu dengan api, terus mengibas-ngibaskan batang kayu tersebut, seolah-olah api terlihat berkobar dan semakin membesar. Dengan sedikit permainan dalam mengambil gambar, terciptalah sebuah adegan kebakaran yang tampak meyakinkan di televisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya