8 Makanan Ini Bakal Bawa Keberuntungan Jika Disantap saat Imlek

Nian gao ikan koi dari Pearl Chineese Restaurant
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Di 2020 ini, Tahun Baru China atau biasa disebut dengan Imlek jatuh pada 25 Januari 2020, dan ini akan menjadi tahun Tikus Logam. Imlek akan membawa keberuntungan jika kamu berhati-hati saat mengikuti tradisi tertentu.

Meriah! Tradisi Makan Sepanjang 200 Meter Sambut Imlek di Pecinan Semarang

Kemakmuran dan keberuntungan diprediksi juga akan datang di rumah kamu. Tapi ini, kemungkinan bisa terjadi,  jika kamu memiliki hidangan-hidangan berikut di atas meja saat Tahun Baru Imlek. Lalu, makanan apa saja yang dimaksud? Dilansir dari The Chinese Zodiac, berikut 8 makanan pembawa keberuntungan tersebut.

Baca Juga: Raffi Ahmad Jual Lamborghini Buat Beli Rumah di London?

Jadi Makanan Khas Imlek, Segini Kandungan Kalori dalam Kue Keranjang

JiaoZi
Makanan sejenis pangsit ini melambangkan kekayaan dan umur panjang. Umumnya, kue ini berbentuk bulat, mirip dengan koin Jepang lama.

Nampan kebersamaan
Dalam satu nampan atau wadah, biasanya diisi dengan delapan jenis makanan ringan. Misalnya, kacang kemiri, hazelnut, chestnut, almond, biji persik, prem, aprikot, kacang, dan permen. Semua ini melambangkan kelimpahan dan kemakmuran. Kamu juga bisa menambahkan jeruk untuk menarik kekayaan dan buah delima untuk kesuburan.

Rahasia Keberuntungan Imlek: Mengapa Jeruk Mandarin Istimewa?

Ikan
Ikan menjadi makanan ciri khas saat perayaan Imlek. Untuk memiliki tahun yang baik dan bisa menyelinap dari berbagai masalah layaknya ikan di dalam air, sangat cocok kalau kamu mengonsumsinya saat Tahun Baru Imlek. Sisik dan telur yang ada pada ikan melambangkan kekayaan.

Bebek
bebek harus disajikan secara utuh. Dan ini menandakan Tahun Baru yang lebih baik.

Sup sarang burung
Sup ini melambangkan umur panjang dan kemakmuran. Itulah sebabnya kamu harus menghidangkannya di meja makan saat Imlek nanti.

Nian gao
Ini merupakan hidangan penutup dan sudah menjadi tradisi lebih dari 3000 tahun. Kue berukuran kecil ini terbuat dari ketan, gula, dan bahan lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang. Jika dikonsumsi, Nian gao ini dipercaya dapat menarik kemakmuran.

Mi
Mi melambangkan umur panjang. Ritual makan mi saat Imlek biasa dilakukan oleh orang-orang Asia, yang percaya bahwa dengan mengonsumsinya dapat memberikan umur panjang. Namun, berhati-hatilah untuk tidak memotong mi saat memakannya. Karena ini pertanda tidak menguntungkan.

Jai atau hidangan Buddha
Hidangan vegetarian ini sangat populer di dapur China. Biasanya dihidangkan di meja makan pada Tahun Baru Imlek untuk membawa kesehatan yang lebih baik pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya