Video Detik-detik 'Asteroid' Meledak di Belakang Merapi Disorot Dunia

Potongan video Gunung Merapi viral di YouTube.
Sumber :
  • YouTube MrMBB333

VIVA – Video menakjubkan yang memperlihatkan asteroid jatuh dari langit sebelum akhirnya meledak di belakang gunung berapi besar tiba-tiba muncul dan viral di dunia maya.

Bumi Punya Tameng Langit

Dilansir Daily Star, Kamis, 5 Maret 2020, video tersebut menunjukkan siluet Gunung Merapi di Jawa Tengah, pada 29 Februari, selang beberapa hari sebelum erupsi pada hari Selasa, 3 Maret 2020.

Di sebelah kiri, sebuah benda bercahaya meluncur melintasi langit dengan jejak cahaya di belakangnya. Tampaknya seperti jalur dan lintasan asteroid sebelum menghilang di balik gunung berapi ini.

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Selama beberapa saat, tidak ada yang terjadi. Tetapi tiba-tiba sebuah kilatan besar terlihat dari belakang Merapi.

Adalah pemilik akun MrMBB333, yang mengunggah video ini di YouTube dan mengaku dikirimi rekaman ini dari Jenni J. Mereka meyakini kalau kilatan cahaya tersebut adalah asteroid.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

"Lihatlah lintasan rendah benda itu. Itu bukan bola api, melainkan asteroid besar. Setidaknya seukuran truk. Itu terjadi di balik gunung merapi dan kemudian datanglah kilatan besar. Sungguh luar biasa," ujarnya dalam video.

Sejak diunggah pada 2 Maret 2020, lebih dari 48 ribu orang telah menonton video ini dan meninggalkan komentar yang beragam. Ada yang memercayai, tapi ada juga yang meragukannya kalau benda bercahaya yang meledak itu asteroid.

"Jejak asap itu tidak terlihat seperti asteroid," ujar warganet.

"Itu tidak terlihat seperti asteroid bagi saya, tapi kemungkinan tembakkan UFO," kata yang lain.

"Kilatan itu seharusnya datang lebih cepat," ucap netizen yang juga turut meragukan.

"Tepat sebelum cahaya, sepertinya ada potongan di video dan kemudian ketika Anda melihat cahaya itu tidak sejalan dengan tempat asteroid mendarat," kata netizen lain yang mengira video ini adalah edit-an.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya