Puluhan Mahasiswa Ikut Pelatihan Pelestarian Alam di Candi Gedongsongo

Istimewa
Sumber :
  • reporter

VIVA – 50 mahasiswa yang berasal dari 28 universitas di Indonesia bergabung dengan Darling Squad. Mereka mendapatkan pelatihan mengenai pelestarian alam dalam bertuk green camp di Kompleks Percandian Gedongsongo, Semarang, Jawa Tengah pada Rabu 4 Maret 2020 lalu.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Ini merupakan bagian dari program yang dijalankan oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling), Darling Squad sendiri merupakan para mahasiswa yang aktif menjadi volunteer dalam setiap kegiatan lingkungan yang bertujuan memperbaiki jejak kerusakan terhadap bumi.

Para mahasiswa dilatih untuk menemukan berbagai gagasan kreatif yang bisa diimplementasikan dalam aksi lingkungan. 

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

“Bakti Lingkungan Djarum Foundation ingin mendukung kobaran semangat para milenial, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Cinta lingkungan harus ditanamkan sejak masa muda. Melalui Siap Darling, diharapkan semakin banyak Darling Squad yang peduli dalam menjaga kelestarian alam serta warisan sejarah,” kata Mutiara Asmara, Communication Director Djarum Foundation.

Dengan tema 'Bergerak Bersama Untuk Lingkungan' mahasiswa mendapatkan pelatihan mengenai lingkungan. Mereka juga menjalani sesi focus discussion group (FDG) untuk beradu ide dan gagasan kreatif tentang upaya penyelamatan lingkungan.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

“Penyelenggaraan focus group discussion yang dikemas dalam format green camp ini bertujuan untuk mengajak generasi milenial terlibat aktif memikirkan upaya penyelamatan lingkungan. Dan melalui kegiatan ini pula kami mendapatkan banyak ide-ide cemerlang yang berasal dari sudut pandang mahasiswa yang kelak bisa kami wujudkan,” ujar Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani.

Setelah melakukan green camp, 50 mahasiswa kemudian bergabung dengan 200 mahasiswa lain untuk melakukan penghijauan di area komplek Candi Gedongsongo.

Sejak diluncurkan di akhir tahun 2018, Siap Darling telah berhasil menjaring 1,942 Darling Squad yang berasal dari lebih dari 122 Universitas di Indonesia dan 1,453 di antaranya sudah melakukan penanaman di Kawasan Candi Prambanan, Situs Ratu Boko, Candi Ijo, Benteng Van Den Bosch, Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen serta Kompleks Percandian Gedongsongo dengan total lebih dari 10,800 pohon dan semak berbunga tertanam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya