Ini Dia, 10 Kota di Rusia dengan Jumlah Penduduk Terbanyak

Lalu lintas Kendaraan di Moskow.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maya Sofia

VIVA – Mendengar kata Rusia, mungkin yang terlintas dalam pikiran adalah Vladimir Putin, cuaca dingin yang ekstrem atau mungkin orang-orangnya yang jarang senyum. Tapi tahukah kamu, negara terbesar di dunia ini memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dari Indonesia yaitu sekitar 146.7 juta jiwa saja pada tahun 2019 menurut Moscow Times. Lalu, di kota mana saja para penduduk Rusia tersebut tinggal?

Dave Laksono Sebut Partainya Vladimir Putin Puji Airlangga Hartarto Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Berikut ini adalah kota-kota di Rusia dengan jumlah penduduk terbanyak yang dilansir dari Russia Beyond.

Moskow

Drone Ukraina Serang Pangkalan Udara Rusia, 6 Pesawat Hancur

Moskow menjadi kota terbesar sekaligus ibukota Rusia. Di kota ini pula Vladimir Putin berkantor. Moskow memilki jumlah populasi sekitar 12,5 juta orang. Namun, penduduk Moskow memperkirakan jumlah populasi di Moskow jauh melebihi angka tersebut. Hal tersebut dikarenakan lembaga statistik setempat tidak memasukkan data orang-orang yang setiap hari bekerja di Moskow namun tinggal di luar Moskow atau disebut juga penglaju. Lalu, Moskow beberapa tahun belakangan ukurannya bertambah hampir 2x lipat, dan wilayah baru tersebut dinamai ‘New Moscow’. Diperkirakan total populasi Moskow ada di angka 20 juta jiwa.

St. Petersburg

Finlandia Kirim Paket Bantuan Militer Baru ke Ukraina

Kota ini pernah menjadi ibukota kekaisaran Rusia sebelum revolusi 1917 dimulai. Kota yang berbatasan dengan Finlandia ini disebut orang Rusia sebagai ibukota kebudayaan. Hal ini tentu dibenarkan, mengingat banyaknya bangunan bersejarah yang masih berdiri dan banyak dikunjungi hingga saat ini, serta banyaknya kegiatan pameran seni dan kebudayaan yang diadakan di sini. Kota ini memiliki banyak sekali museum, di kota ini juga terdapat salah satu museum terbesar di dunia yaitu museum Hermitage. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan gedung teaternya seperti teater Mariinsky dan teater Aleksandrinskiy. Gedung-gedung yang terdapat di kota ini juga memiliki arsitektur bergaya Eropa klasik. St.Petersburg memiliki jumlah penduduk sebanyak 5,35 juta jiwa.

Novosibirsk

Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Rusia sekaligus kota terbesar di wilayah Siberia. Novosibirsk menjadi tempat yang penting bagi Trans-Siberia, sebuah jalur kereta terpanjang di dunia. Novosibirsk terkenal dengan teater operanya dan merupakan salah satu yang terbaik di Rusia. Novosibirsk memiliki jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa.

Yekaterinburg

Kota dengan penduduk berjumlah 1,5 juta jiwa ini membentang di kawasan pegunungan Ural, sebuah pegunungan yang menjadi batas alami dari benua Eropa dan Asia. Yekaterinburg merupakan kota industri terbesar di Rusia. Nama Yekaterinburg diambil dari nama Ratu Yekaterina 1 sebagai penghormatan.

Nizhny Novgorod

Kota yang berjarak tempuh 1 jam dari Moskow ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 1,26 juta jiwa. Kota yang dibangun pada abad ke 12 ini berada di sisi sungai Volga. Nizhny Novgorod terkenal dengan arsitektur bergaya Slavic dan benteng merah Kremlin. Di kota ini juga seorang sastrawan hebat Rusia, Maxim Gorky menghabiskan masa kecilnya.

Kazan

Kota yang memiliki jumlah populasi muslim terbesar di Rusia ini memiliki jumlah penduduk sebesar 1,24 juta jiwa. Ibukota Republik Tatarstan ini ditemukan pada abad 11 dan menjadi salah satu kota tertua di Rusia. Beberapa bangunan terkenal di Kazan yaitu benteng (Kremlin) putih dan masjid Kul Sharif yang mana menjadi masjid terbesar kedua di Rusia setelah masjid di Chechnya.

Chelyabinsk

Kota yang juga terletak di pegunungan Ural ini memiliki populasi sebesar 1,20 juta jiwa. Dikenal sebagai salah satu kota industri, Chelyabinsk pada abad 18 adalah kota perdagangan.

Omsk

Menurut legenda, cadangan emas kekaisaran Rusia disembunyikan di suatu tempat di kota ini. Omsk merupakan kota di Rusia yang terkenal dengan arsitektur tradisionalnya dan kuliner pelmeni. Omsk memiliki populasi sebesar 1,17 juta jiwa.

Samara

Kota ini menjadi salah satu yang menghelat pertandingan piala dunia 2018 Rusia. Kota dengan penduduk 1,16 juta jiwa ini membentang di sungai Volga. Pesisir sungai di kota Samara menjadi pesisir sungai terpanjang di Rusia dan menjadi titik keramaian warga setempat dan juga turis.

Rostov on Don

Sesuai namanya, kota di selatan Rusia ini dilintasi oleh sungai Don. Kota dengan jumlah penduduk 1,13 juta jiwa ini menjadi rumah bagi cossacks Rusia. Sebuah kelompok yang sering disebut dalam karya sastra Rusia. Rostov on Don adalah kota modern dengan atmosfer yang unik.

Laporan: Dion Yudhantama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya