5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

keuangan keluarga
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Semakin meningkatnya kebutuhan konsumsi rumah tangga membuat kita harus memiliki perencanaan keuangan pribadi yang lebih pintar. Pengeluaran dan pemasukan keuangan keluarga pun harus stabil untuk memastikan kebutuhan itu terpenuhi. . 

Azhar Dzaki Irawan, Konten Kreator yang Punya Penghasilan Sejak SMK karena Labil Ekononmi Keluarga

Menurut riset yang dilakukan Bank DBS pada 2019, total belanja masyarakat Indonesia mencapai US$600 miliar atau sekitar Rp8.400 triliun di periode 2018. Nilai tersebut mengungguli negara tetangga di kawasan ASEAN, yakni Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Sayangnya, masih sedikit masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya merencanakan keuangan sesuai kebutuhan. Padahal, perencanaan keuangan menciptakan proses berkelanjutan yang akan mengurangi stres finansial, mendukung kebutuhan saat ini, dan mempersiapkan masa pensiun.

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Aplikasi pintar solusi finansial, OY! Indonesia menyebutkan, setidaknya ada 5 alasan mengapa kita perlu memiliki perencanaan keuangan pribadi, Berikuti ini daftarnya dikutip Kamis 12 Maret 2020. 

1. Meningkatkan cash flow

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Perencanaan keuangan membantu kita dalam meningkatkan cash flow dengan memantau pola dan sifat pengeluaran. Dengan demikian kita untuk dapat memonitor keuangan yang mencakup penganggaran yang cermat dan pengeluaran yang bijaksana. Hal ini bisa membantu menjaga lebih banyak uang yang disimpan.

2. Membantu mengidentifikasi kesalahan

Tidak hanya pengeluaran tetapi perencanaan keuangan keseluruhan membuat kita
menyadari kesalahan penggunaan dana yang selama ini dilakukan. Sehingga ke depannya dapat diperbaiki.

3. Mewujudkan tujuan hidup

Setiap orang pasti memiliki tujuan di hidupnya. Seperti membeli kendaraan, membeli rumah, menikah dan lain-lain. Dengan perencanaan keuangan yang tepat seperti perencanaan, penghematan dan menabung tentunya akan membantu mewujudkan tujuan tersebut.

4. Memiliki dana darurat

Kita tidak dapat memprediksi masa depan, hal apapun bisa saja terjadi, ibarat sedia
payung sebelum hujan. Dengan memiliki perencanaan keuangan pribadi yang baik kita dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. 

Misalnya biaya pengobatan ketika jatuh sakit atau tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan harus memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil mencari pekerjaan baru.

5. Masa pensiun yang nyaman

Setiap orang pasti pasti mendambakan masa pensiun yang nyaman, penting bagi kita untuk menyiapkannya sedini mungkin. Dengan berinvestasi ataupun menabung di dana pensiun yang dapat kita lakukan jika keuangan terencana dengan cermat dan tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya