Logo BBC

Virus Corona Bikin Para Calon Pengantin di Indonesia Berderai Air Mata

Ilustrasi calon pengantin ketika akad menikah di KUA.
Ilustrasi calon pengantin ketika akad menikah di KUA.
Sumber :
  • bbc

Sejumlah pasangan di Indonesia yang tengah menyiapkan acara pernikahan kini terpaksa merombak ulang segala rencana mereka menyusul maklumat Kapolri yang melarang kerumunan demi menekan penyebaran wabah Virus Corona COVID-19.

Deva Sandy dan Septy Dyanita Putri telah melaksanakan akad nikah pada 10 Januari 2020 di Masjid Kauman Gaperta Medan, Sumatera Utara. Rencananya, kedua mempelai menggelar resepsi pernikahan di Aula Puskopad Kodam I Bukit Barisan, Sumatra Utara, pada 28 Maret 2020.

Namun, acara resepsi tersebut terpaksa ditunda.

Deva Sandy, mempelai pria mengakui bahwa dua minggu sebelum keputusan pembatalan pesta, keluarganya sudah menyampaikan kepada keluarga istrinya akan kekhawatiran dampak wabah Covid-19 ini. Namun, kata Deva, pihak keluarga istrinya keberatan pesta ditunda karena alasan persiapan sudah hampir rampung dan undangan sudah tersebar.

"Persiapan resepsi sudah 80 persen, katering, gedung, dekor, dokumentasi bahkan undangan sudah disebar dan panitia resepsi sudah dibentuk dikediaman mertua. Baju-baju pendukung acara juga sudah dijahit, ini semua yang jadi pertimbangan keluarga istri saya keberatan pesta ditunda," ungkap Deva pada Jumat (27/3).

Endang Ekawati, salah seorang anggota keluarga mempelai pria menyatakan maklumat Kapolri tersebut mereka sodorkan kepada keluarga mempelai wanita usai pembentukan panitia resepsi perkawinan pekan lalu. Endang menambahkan maklumat tersebut mereka sampaikan karena pihak keluarga wanita bersikukuh akan tetap melaksanakan resepsi pernikahan.

"Kami bingung untuk membatalkan pesta tersebut, akhirnya salah satu cara yang kami lakukan menyodorkan maklumat Kapolri ke pihak keluarga mempelai wanita. Alhamdulilllah, mereka maklum dan akhirnya pesta ditunda," kata Endang Jumat (27/3).