Viral Video Pengunjung Belanja Pakai APD Lengkap, Netizen Geram

Belanja pakai APD
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Lini masa Twitter tengah heboh membicarakan video yang menunjukkan pelanggan di sebuah supermarket tengah belanja dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Dua orang yang terekam dalam video mengenakan pakaian hazmat, kacamata goggle, sarung tangan, masker, dan sepatu tertutup.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Penampilan mereka dengan APD lengkap layaknya petugas medis ini pun menjadi perhatian para pengunjung yang ada di supermarket itu. Keduanya pun tampak ditegur oleh pria yang diduga adalah pegawai supermarket terkait. 

“Kalian ngapain sih pakai baju hazmat seperti ini. Justru kalian yang datang ke sini dengan penampilan begini ini jadi perhatian orang. Selesaikan segera kalau gitu mana yang perlu kalian bawa kalian bawa. Pengunjung saya jadi lihat semua,” kata pria berbaju kotak-kotak itu.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tidak lama kemudian, kedua pelanggan pergi meninggalkan pria tersebut. Selang beberapa detik, pria berbaju kotak-kotak itu kemudian kembali berkomentar.

“Di ruang isolasi kalian (harusnya pakai) begitu,” kata dia. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Ada juga video berdurasi 12 detik yang memperlihatkan salah satu pelanggan yang menggunakan APD lengkap, yang dari suaranya diketahui perempuan, adu argumen dengan pria berbaju kotak-kotak.

"Saya mau belanja di sini juga, tenang kita juga bawa duit di sini," kata wanita itu.

Sontak saja perkataan wanita dengan pakaian hazmat itu kembali ditegur oleh pria berbaju kotak-kotak.

"Di sini juga enggak bisa tenang. Orang di sini ga bisa tenang gara-gara kalian," kata pria itu.

Mendengar itu wanita tersebut kemudian membalas, "Ya udah deh minta peraturannya aja deh," katanya.

Unggahan itu menuai banyak komentar dari netizen. Banyak dari warganet mengecam aksi pelanggan tersebut, mengingat saat ini tenaga medis banyak yang kesulitan APD di tengah pandemi corona.

Cuit yang dipopulerkan oleh akun @danedgustama itu pun langsung viral. Dalam cuitannya, ia mengatakan, video didapat dari WhatsApp Group-nya. Saat berita ini ditulis, video sudah disukai lebih dari 35 ribu kali, 26 ribuan retweets, dan 5 ribuan komentar.

"Diusir dari Lotte gara2 lebay," tulisnya. 

Sebelumnya, juga sempat viral insiden serupa pada Sabtu, 28 Maret 2020. Akun Instagram @net2netcomm mengunggah kiriman video dari pengikutnya yang memuat pelanggan memakai APD saat berbelanja. Belum bisa dipastikan apakah video-video ini diambil di lokasi, waktu, dan dengan pelaku yang sama atau bukan.

Namun video di Instagram tersebut, dikonfirmasi terjadi di Lotte Mart Gandaria City. Akun Instagram mal tersebut membalas pada kolom komentar.

"Halo, selamat siang min, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Perihal kejadian tersebut, pihak kami sudah tangani dan sudah kami tindak lanjuti. Terima kasih banyak atas kritik, saran, dan support-nya," tulis @gandariacity pada Minggu, 29 Maret 2020.

Terkait video-video di atas, VIVA mencoba menghubungi pengelola mal Gandaria City dan Lotte Mart untuk meminta konfirmasi, namun hingga berita ini diturunkan, belum mendapatkan jawaban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya