Rogoh Kocek Rp100 Juta Borong Perlengkapan Medis Corona dari Penimbun

Tenaga medis corona virus
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jumlah kasus Virus Corona COVID-19 di Indonesia pada Kamis sore, 9 April 2020, mencapai 3.293 kasus, di mana jumlah yang meninggal dunia menjadi 280 orang dan 252 orang sembuh dari wabah tersebut.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kematian atau mortality rate tinggi akibat COVID-19 di Asia Tenggara. Besarnya pandemi Virus Corona COVID-19 yang sedang mewabah di Tanah Air membuat Indohaircut tergerak.

Lewat gerakan #BorongAPD4Nakes, Indohaircut mengelontorkan dana sebesar Rp100 juta dari operasional untuk memborong perlengkapan medis dari para penimbun. Nantinya, semua perlengkapan medis ini akan diberikan secara gratis untuk tenaga medis di 4 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan 100 puskesmas sepanjang April ini.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

"Dananya kami dapatkan dari biaya operasional kami sendiri, bukan hasil menggalang donasi dari followers," kata Kepala Eksekutif Indohaircut, Ammar Mandili, Kamis, 9 April 2020.

Perlengkapan medis yang diborong tersebut yaitu 400 unit hazmat suit atau alat pelindung diri (APD), 600 liter disinfektan, 4.000 botol hand sanitizer, 10.000 unit sarung tangan, 2.500 masker, serta 220 kacamata pelindung.

Warganet Heboh, The Simpsons Salah Tulis Pulau Kalimantan Jadi Singapura

"Bayangkan jika tenaga medis yang menolong korban pandemik ini terkena duluan. Siapa yang akan menolong? Bahkan di tempat tinggal mereka banyak dikucilkan oleh tetangga karena diduga menjadi carrier atau menularkan Virus Corona. Ini harus diperhatikan juga," tegasnya.

Ammar pun berharap langkah kecil yang diambilnya lewat hastag #BorongAPD4Nakes bisa menjadi estafet bagi akun dan para influencer lain dalam turut serta mendonasikan uang sendiri dalam perang melawan Corona. "Mulailah dari hal terkecil dalam membantu tenaga medis. Salah satunya donasi uang dari kantong sendiri," jelas dia.

Ilustrasi virus

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

The Malaysian Ministry of Health (MCH) detected 6,796 new cases of Covid-19 virus from November 26 to December 2, 2023 (ME 48/2023), an increase from the previous ME of 3

img_title
VIVA.co.id
12 Desember 2023