Yuk Merawat Sepatu Sendiri di Rumah

Ilustrasi sepatu sneakers.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Adanya instruksi untuk melakukan aktivitas di rumah, baik bekerja maupun belajar, bisa membuat seseorang menjadi jenuh. Tapi, hal itu harus dilakukan, untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Dari Suede Hingga OldSkool, Tingkatkan Gaya dengan Lima Pilihan Sneakers Paling Trendy Saat Ini

Jika kamu mulai kehabisan ide, coba bersihkan sepatu sendiri. Bahan-bahannya bisa memakai yang tersedia di rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Dilansir dari Rd.com, Rabu 15 Apri 2020, cara membersihkan sepatu berbeda-beda, tergantung dari bahan pembuatannya. Untuk sepatu kulit, campur air dengan cuka dan usapkan ke bagian yang kotor. Lalu, poles dengan kain basah yang dicelupkan ke baking soda.

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

Apabila sepatu kulitnya berjenis high heels, semprotkan pembersih kaca untuk menjaga tampilannya agar selalu mengilap.

Ilustrasi sepatu hak tinggi di dalam rumah

Kolaborasi Glashka X Shaddy, Angkat Romansa Wanita Lewat Sepatu nan Elegan

Nah, apabila ada noda pada sepatu berbahan suede, maka membersihkannya harus memakai sikat lantai berbahan halus. Lakukan penyikatan satu arah, untuk noda membandel bisa digosok-gosok di bagian yang kotor.

Bagi pemilik sepatu berbahan kanvas, campur baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Lalu, gosokkan ke sol dengan memakai sikat gigi. Kemudian, nyalakan mesin cuci dan isi dengan sedikit deterjen, kemudian masukkan sepatu. Biarkan kering terkena angin.

Khusus sepatu lari, campur deterjen dengan air dan gosok bagian yang kotor menggunakan sikat gigi. Jangan pakai cairan tersebut untuk bahan busa atau kulit. Lepas tali, masukkan ke kantung kecil dan biarkan mesin cuci membersihkannya.

Jika memiliki sneaker berwarna putih, maka gunakan cuka atau penghapus cat kuku untuk membersihkan noda. Teteskan cairan itu ke kapas pembersih telinga, lalu usap ke bagian yan kotor.

Ilustrasi sepatu kulit

Bahan baku pembuatan sepatu kini semakin beragam. Contohnya, seperti yang dilakukan oleh PixFootwear. Merek sepatu asli Indonesia itu memiliki koleksi yang terbuat dari faux leather, jeans dan satin. Mereka akan hadir di Shopee Mall pada awal Mei 2020.

Merekrut pengrajin lokal, Pixfootwear juga telah berkolaborasi juga dengan sejumlah figur publik, seperti Michelle Pangemanan dan Sylvie Cendana. Mereka juga berkolaborasi dengan merek hijab ternama, Scarvina. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp360 ribu hingga Rp549 ribu.

“Kami menyadari, bahwa dibutuhkan sepatu casual yang membantu para wanita di luar sana untuk tampil percaya diri dan profesional. Untuk membuat konsumen tidak bosan, kami rajin mengeluarkan seri sepatu terbaru,” ujar CEO dari Pixfootwear, Celine Purnawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya