Sederet Buku Bacaan untuk Temani Puasa Kamu

Membaca Buku
Membaca Buku
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA – Bulan Ramadhan kali ini bakal terasa sangat beda rasanya. Dengan merebaknya wabah virus COVID-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat semua kegiatan yang seharusnya berjalan di luar rumah kini harus terpaksa dilakukan di dalam rumah.

Tidak terlepas dari itu, dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, ada beberapa kegiatan positif  yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh serta sumpek akibat rutinitas yang hanya itu-itu saja.

Salah satunya adalah dengan membaca buku. Beberapa waktu lalu, geliat penerbitan buku tengah menjadi sorotan karena grafiknya meningkat. Sebagai upaya mendukung gerakan #dirumahaja, banyak sekali buku-buku baru yang terbit.

Berikut beberapa rekomendasi buku yang bisa jadi teman kalian di awal-awal bulan puasa ini yang datang dari berbagai penerbit.

Kitab Firasat: Ilmu Membaca Sifat dan Karakter Orang Dari Bentuk Tubuhnya

Buku yang sudah diterjemahkan oleh Fuad Syaiffudin Nur dan Yodi Indrayadi dan diterbitkan oleh Turos Khazanah Pustaka Islam ini merupakan buku yang unik. Dalam buku ini kita diajarkan bagaimana mendalami Ilmu Firasat atau Fisiognomi dari Imam Fakhruddin ar-Razi (1150-1210 M).

Beliau adalah seorang ulama mahsyur dari Persia (sekarang Iran) yang juga sekaligus ilmuwan serba bisa dunia. Bukan hanya ilmu firasat, sang ulama besar ini pun menguasai cabang ilmu lainnya seperti ilmu tafsir, fiqh, ushul fiqh dan teologi islam. Selain itu, dia juga ahli di ilmu filsafat, logika, matematika dan lainnya.