Membuat Tisu Disinfektan Sendiri

Ilustrasi Tisu Toilet
Sumber :
  • Pixabay/ DizzyRoseblade

VIVA – Merebaknya wabah pandemi virus Corona COVID-19 membuat banyak sekali permintaan pembelian baik alat dan bahan-bahan kebersihan. Maka tak heran jika orang-orang sering menemukan alat dan bahan kebersihan habis di toko-toko.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Salah satu yang juga banyak diincar adalah tisu disinfektan. Selain hand sanitizer, tisu toilet, pasta gigi maupun sabun cair yang stoknya mudah habis, tisu disinfektan yang tengah tren beberapa bulan belakangan sering diserbu pembeli.

Berikut tim VIVA sudah merangkum beberapa cara untuk bisa membuat tisu disinfektan yang bisa dilakukan dengan mudah serta alat dan bahan yang relatif gampang dicari, seperti dilansir dari laman metro.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Pertama, sediakan satu gulung tisu kertas. Bisa juga menggunakan kain lap dapur mikrofibre kecil, jika Anda ingin membuat tisu yang dapat digunakan kembali tidak hanya sekali pakai saja.

Kedua, cairan pemutih dengan takaran 1/3 sampai 1/2. Ada opsi lain, Anda bisa menggunakan disinfektan asli seperti Zoflora yang juga banyak disarankan dalam beberapa metode online.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Ketiga, sediakan 1 galon air yang kira-kira ada sekitar 4,5 liter.

Kemudian, wadah kedap udara, dan yang terakhir gunakan sarung tangan pelindung dalam setiap proses membuat tisu disinfektan ini demi tetap menjaga kebersihan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara membuat

Tuangkan air galon yang sudah disediakan tadi ke dalam wadah kedap udara. Selanjutnya tambahkan juga pemutih.

Tempatkan tisu kertas yang juga tersedia ke dalam air yang sudah tercampur dengan pemutih, jangan lupa pastikan semua tisu itu terendam penuh. Biarkan rendaman tisu tersebut paling lama sekitar lima menit sebelum digunakan.

Untuk diketahui, selalu gunakan sarung tangan pelindung dalam prosedur pembuatan tisu disinfektan ini. Jauhkan juga hal ini dari anak-anak dan hewan peliharaan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum melakukan itu, pastikan Anda sudah memeriksa produk pemutih yang Anda telah pilih untuk bisa dipakai dengan permukaan benda apa yang cocok serta dapat digunakan.

Jangan lupa juga untuk cuci tangan secara rutin setelah membuat tisu disinfektan ini. Ushakan tidak menyentuh wajah atau tangan yang lain sampai selesai membuat tisu.

Dan yang paling penting adalah jangan pernah untuk mencampur pemutih dengan larutan pembersih lain seperti Amonia karena dapat menyebabkan reaksi kimia yang berbahaya.

Penulis: Abdullah Saputra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya