Mahasiswa RI Juara Umum Kompetisi Akuntansi Se Asia Tenggara

Ilustrasi perhitungan bisnis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mahasiswa Indonesia jadi juara umum kompetisi ilmu akuntansi tingkat Asia Tenggara atau ICAEW SEA 100. Dia adalah Steven Austin, mahasiswa manajemen dari Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Prodi Akuntansi Universitas Mercu Buana Raih Akreditasi Unggul

Kompetisi yang digelar Institute of Chartered Accountants in England dan Wales (ICAEW), tahun ini diikuti lebih dari 2.600 mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas ternama se-Asia Tenggara. Kompetisi ini digelar sejak 2018.

Para perserta akan diadu kemampuan profesionalnya terkait bisnis. Seperti etika berbisnis, pembuatan keputusan, kemampuan komunikasi, penyelesaian masalah, dan kerja sama tim juga diuji di kompetisi ini.

Pilmapres Unimed 2024, Jaring Mahasiswa Berprestasi, Kreatif dan Terampil Berkomunikasi

Setelah kompetisi berlangsung, 100 orang dengan nilai terbaik akan masuk ke dalam papan peringkat, dan dewan juri akan menentukan juara umum dan 6 pemenang kategori berdasarkan jumlah nilai keseluruhan dan masing-masing bidang yang dilombakan. 

Selain menguji kemampuan dasar para peserta di bidang bisnis dan akuntansi, kompetisi ini juga diharapkan dapat membantu para peserta untuk mengerti apa saja keterampilan yang dicari oleh perusahaan-perusahaan dalam proses rekrutmen.

Cetak Rekor Dunia, Seorang Pria Hanya Lakukan Hal Nyeleneh dari Mulutnya

Para peserta akan diberi masukan berbentuk laporan individu yang berisi analisa lengkap tentang apa saja kemampuan dan potensi yang mereka miliki. Agar kemudian dapat mengembangkan kemampuan tersebut dalam langkah berikutnya di karir mereka.

Sebagai pemenang, Steven akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar US$2,000 beserta sesi khusus tentang employability skills bersama tim rekrutmen mahasiswa dari ICAEW Inggris. Steven akan belajar bagaimana cara meningkatkan kemampuan wawancara, membuat CV yang terstruktur dan baik, juga meningkatkan kemampuan bisnisnya.

“Saya sangat berterimakasih kepada ICAEW karena telah mengadakan kompetisi ini. Selama kompetisi saya dapat menguji kemampuan diri saya sendiri, juga dilatih berpikir secara kritis. Saya sangat menyarankan siswa lain untuk turut mengikuti kompetisi ini agar mereka dapat terbantu meningkatkan peluang karir yang lebih baik lagi ke depannya,” ujar Steven dikutip dari keterangannya, Senin 4 Mei 2020.

Sementara itu, Head of ICAEW Indonesia Conny Siahaan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus mencari dan mendidik generasi-generasi akuntan dan pebisnis berikutnya di dunia. Salah satunya dengan terus menyediakan berbagai peluang agar mereka dapat mengasah kemampuan profesionalnya.

"ICAEW SEA 100 yang memasuki tahun kedua ini merupakan salah satu dari banyak inisiatif yang kami lakukan untuk membangun bakat-bakat akuntan dan pebisnis profesional di masa depan, baik di Indonesia maupun Asia Tenggara,” ungkapnya.

“Kami mengucapkan selamat kepada para juara di keenam kategori dan khususnya juara umum, Steven Austin dari Indonesia,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya