Masker Wajah Transparan, Senyum Jadi Terlihat

Masker transparan
Sumber :
  • winknews

VIVA – Wabah COVID-19 yang melanda dunia, membuat semua orang diwajibkan menggunakan masker guna menghindari penyebaran virus yang telah mematikan jutaan orang ini. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Sayangnya penggunaan masker membuat senyum indah, dan bahkan bibir kita saat berbicara tidak terlihat karena tertutup masker. Bagi mereka yang memiliki masalah dengan pendengaran juga kerap menjadi kendala.  

Namun sebuah terobosan baru dibuat di Italia, negara yang sempat menempati posisi kedua sebagai negara dengan jumlah korban COVID-19 terbanyak di dunia. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Bisnis fesyen Italia mulai mengambil peluang dengan membuat masker transparan pada bagian mulut. Masker transparan juga sangat penting bagi tuna rungu dan bisu, yang  kini telah menjadi barang wajib bagi masyarakat. 

"Masker transparan adalah untuk semua orang," kata Doriana Marini, CEO dan pendiri Dienpi dilansir dari winknews.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Siapa pun dapat menggunakan perangkat ini untuk komunikasi yang lebih mudah, tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan gerakan tubuh, ekspresi wajah, gerakan bibir, misalnya, untuk mengirim ciuman (tertawa)," tambahnya.

Masker transparan Dienpi dibuat di Italia dan dirakit dengan tangan, seperti label mewah mereka untuk industri fesyen, dengan klien seperti Valentino, Gucci, dan Chanel.

Pabriknya dilengkapi dengan mesin jahit siap untuk digunakan. Dia mendesain masker bedah pertamanya yang bisa dicuci dan disertifikasi secara medis, yang segera menjadi model transparan yang saat ini mendapatkan semua sensasi. 

Panel tengah transparan terbuat dari poliuretan, yang disegel untuk kain menggunakan pengelasan termal dan jahitan. Proses dua langkah menjamin isolasi bahkan setelah empat kali pencucian.

"Permintaan telah tumbuh secara eksponensial. Kami mulai dengan permintaan dari entitas tertentu, seperti untuk orang tuli, dan sekarang kami menjualnya dan menerima pesanan dari sektor yang paling beragam, seperti hotel, restoran, sekolah, dan juga ahli kecantikan, penata rambut. Siapa pun yang perlu tersenyum saat bekerja, kata Marini.

Pesanan untuk masker transparan sudah mencapai 15.000. Marini memulai membuat masker transparan dengan usaha kecil di kota asalnya San Benedetto del Tronto. Setelah dua bulan macet total karena tindakan COVID-19, pemilik toko merespons dengan antusias.

Penata rambut lokal Barbara Celli melihat klien yang telah menunggu berbulan-bulan untuk memotong rambut mereka. Masker membuat menyambut mereka kembali sedikit lebih mudah.

"Klien kembali dari masa sulit dan membutuhkan senyum, jadi bisa menunjukkan mulut Anda sangat penting," kata Celli.

“Masker transparan ini sangat penting bagi kami karena dalam pekerjaan kami, hal terpenting adalah senyum, hal pertama,” kata Rossana Tartabini, pemilik toko Cremosé Gelato di Italia.

Harga masker transparan sekitar US$ 7 atau Rp105 ribu (Rp15.000), Dienpi menjalankan tes laboratorium lebih lanjut untuk mensertifikasi BFE (efisiensi penyaringan bakteri) dan tingkat beban bakteri pada permukaan masker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya