Muncul 'George Floyd Challenge' di Media Sosial Bikin Warganet Ngamuk

George Floyd Challenge
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Di saat banyak orang berunjuk rasa di jalan-jalan di Minneapolis, Amerika Serikat, dalam gerakan #BlackLivesMatter yang dipicu oleh kematian George Floyd, sebagian orang justru membuat kekonyolan dengan mengikuti gerakan yang disebut dengan 'George Floyd Challenge'.

Penuh Kontroversi, Wawancara ‘Drink Champs’ Kanye West Dihapus

Mereka yang mengikuti challenge ini mengunggah foto yang meniru insiden George Floyd ketika lehernya ditekan ke tanah dengan lutut polisi. Mereka berfoto dengan seorang teman yang terbaring di tanah kemudian yang lainnya meletakkan lutut di atas leher temannya.

Beberapa foto ini sudah banyak tersebar di media sosial dan memancing amarah para warganet. Dilansir laman World of Buzz menurut laporan The NY Post, tren ini pertama kali ditemukan ketika tiga remaja di Inggris ditangkap dan diinvestigasi atas kemungkinan kejahatan kebencian karena berpose seperti ketika Floyd meninggal dunia.

Mantan Polisi Pembunuh George Floyd Divonis 22,5 Tahun Penjara

Baca juga: Idap Penyakit Langka, Gadis Ini Malah Berubah Cantik Banget

Tapi, tak lama setelah foto itu ada, beberapa foto lain mulai bermunculan dengan klaim sebagai bagian dari 'George Floyd Challenge'. Tentu saja, kabar tentang challenge yang memuakkan ini menimbulkan kehebohan dan kemarahan warganet.

Komentar Joe Biden atas Putusan Chauvin Bersalah Disorot

Tak sedikit warganet yang meminta agar mereka yang terlibat dan mengikuti challenge ini harus dicari identitasnya.

"Ini sangat menjijikkan, dan jika kamu berpikir ini lucu, kamu bagian dari masalah ini. Untuk orang-orang yang aku ikuti jika aku menemukan kalian melakukan ini #GeorgeFloydChallenge aku secara pribadi akan memarahimu. #BlackLivesMatter," tulis salah seorang warganet mengungkapkan kekesalannya.

"#GeorgeFloydChallenge sekarang adalah hal tidak sopa yang membuatnya sulit untuk mengatasi tragedi. Aku ada di garis depan meminta orang-orang ini untuk diidentifikasi, tolong ekspos mereka. Orang-orang pengecut yang mengejek dari jauh!!!" ujar warganet lain.

Untungnya, tren ini tidak menyebar lebih banyak di dunia maya karena kini tidak ada foto baru dari challenge ini yang muncul. Semoga saja memang tidak ada lagi.

Ini adalah tindakah yang sangat tidak bisa ditoleransi dan orang-orang yang berpatisipasi sangat memuakkan. Ini bukanlah sesuatu yang bisa dibuat candaan dan benar-benar tidak menunjukkan rasa hormat kepada korban dan keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya