Punya Tangan Sakti Sembuhkan Corona, Dukun Malah Tewas Akibat COVID-19

Ilustrasi meninggal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seorang pria yang dianggap sakti, mengklaim dirinya mampu menyembuhkan orang-orang dari berbagai penyakit, termasuk virus corona atau COVID-19, hanya dengan mencium tangannya, baru-baru ini meninggal karena COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pria itu, yang dikenal sebagai Aslam, memberi tahu para pengikutnya di Ratlam, negara bagian Madhya Pradesh, India, bahwa metode 'penyembuhan ciumannya' mampu menyembuhkan orang-orang dari semua penyakit.

Sayangnya, metode penyembuhan ajaib Aslam, tampaknya tidak bekerja dengan baik untuk dirinya sendiri. Karena pada 3 Juni 2020 lalu, ia didiagnosis menderita COVID-19, dan akhirnya menyerah pada penyakit itu di hari berikutnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Setelah berita kematiannya menyebar ke seluruh komunitas, para pengikutnya akhirnya bersuara. Ternyata, alih-alih menyembuhkan orang dari infeksi virus corona, ciuman 'spesial'-nya justru hanya membantu penyebaran virus.

Pihak berwenang di Ratlam segera bertindak, setelah dukun itu diketahui positif COVID-19, mereka mencari orang-orang yang telah menggunakan jasanya. Dari 40 orang yang mereka tes, 20 orang dinyatakan positif virus corona.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Bahkan, dari 24 kasus yang dikonfirmasi di Ratlam pada 9 Juni, 13 di antaranya terdeteksi telah melakukan kontak dengan Aslam.

"Dua puluh dari mereka, termasuk tujuh dari keluarganya, dinyatakan positif," kata Ruchika Chouha dari departemen kesehatan, dikutip Oddity Central, Rabu 17 Juni 2020.

Pemerintah India baru-baru ini menemukan setidaknya ada 29 dukun yang menawarkan metode 'penyembuhan' serupa. Beberapa di antaranya ternyata menjadi cara yang lebih pasti untuk menyebarkan virus corona lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya