5 Cara Atasi Anak Alergi di Masa Pandemi COVID-19

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Anak yang menderita alergi berbeda dengan anak pada umumnya. Biasanya, anak-anak ini memiliki sistem imun yang unik dan lebih sensitif dibandingkan dengan anak-anak lain. 

Pengin Adopsi Anak Jalanan, Nagita Slavina: Buat Jadi Anak Terakhir Aku

Maka dari itu, perlakuannya pun harus berbeda. Karena sedikit saja salah mengonsumsi makanan atau melakukan sesuatu yang bisa memicu alerginya, maka penyakit anak bisa kambuh. Terlebih di masa pandemi ini. Di mana anak alergi lebih rentan terinfeksi virus corona atau COVID-19. 

Dalam acara Webinar Pekan Tanggap Generasi Maju bersama SGM Eksplor Advance + Soya, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes., memberikan beberapa tips menangani anak alergi di masa pandemi ini. Apa saja? 

Desta Diomelin Anak karena Suka Pegang Cewek: Bukan Muhrim!

Tidak menunda imunisasi
Ibu harus memerhatikan kapan jadwal anak harus melakukan imunisasi. Di masa pandemi imunisasi harus tetap dilakukan sesuai jadwal, jangan ditunda.

Tumbuh kembang si kecil harus dipantau
Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai stimulasi, deteksi, intervensi dini tumbuh kembang (SDITDK). 

Orangtua Diingatkan Awasi Anak ketika Main Game Online

Nutrisi lengkap dan seimbang
Tetap menjaga kesehatan dengan nutrisi lengkap dan seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran, dan lakukan aktivitas fisik yang sesuai. 

Ajarkan anak cuci tangan
Anak harus diajarkan untuk cuci tangan pakai sabun, pakai masker. Jangan dibawa ke tempat keramaian atau kerumunan. 

Berjemur
Berjemur di depan rumah setiap pagi sekitar 10 - 15 menit untuk mengoptimalkan asupan vitamin D yang baik untuk daya tahan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya