Banyak Artis Pindah Jadi Youtuber, Begini Cara Hitung Penghasilannya

YouTuber Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Penghasilan menjadi seorang Youtuber yang tergolong besar, membuat para artis berbondong-bondong terjun ke dunia ini. Terlebih, kini artis sedang sepi job akibat pandemi virus corona. 

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Youtuber Edho Zell, bahkan terang-terangan menyebut, kalau dirinya dan teman-teman Youtuber yang lain susah berkompetisi dengan artis yang kini menggeluti dunia yang sama. 

Dari sini, timbul tanda tanya besar. Sebenarnya, berapa sih pendapatan para Youtuber, sehingga bisa membuat para artis 'berpaling' dari dunia yang telah membesarkan nama mereka?

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Seorang Youtuber asal Jember, Victoria Zulkifli, membongkar bagaimana cara menghitung penghasilan Youtuber, dengan menggunakan data dan penghasilan yang didapat dari channel Youtube-nya. 

"Kita buka-bukaan aja ya. Penghasilan gue sama istri selama membuat channel Youtube, sementara ini adalah US$900 sekian. Nah, kalau kita kurs kan rupiah kurang lebih sekitar Rp15 jutaan," ujarnya dikutip VIVA dari Youtube Victoria Zulkifli, Rabu 22 Juli 2020. 

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

Baca Juga: "Super Jorok" 5 Nama Menu Tradisional Ini Gak Kalah Heboh dari Klepon

Kemudian, Youtuber itu memberikan contoh cara menghitung penghasilan yang didapat dari salah satu video yang sudah diunggah, dan tentu saja sudah ada penghasilannya.

"Di sini, kita coba cek di salah satu video kami, di sini ada 1 juta viewers. Ternyata, penghasilannya cuma US$372. Ini disebabkan oleh apa, di sini kan tertera grafiknya kita coba cek. Ketika 1 juta views dibagi dengan US$372. Nah, per dolarnya itu 2600 views. Jadi, 2600 views itu dapat satu dolar," kata dia menjelaskan. 

Hal ini berarti, jika ada 1 juta viewers yang menonton video kamu, penghasilannya sekitar US$372. Namun, Zulkifli mengingatkan, hitungan ini tidak pasti dan bukan sebuah rumus yang pakem. Karena setiap video biasanya berbeda-beda, namun rata-ratanya seperti itu.

"Karena di Indonesia sendiri, saya searching-searching, rata-rata per 1000 views-nya antara US$0,3 - US$0,7. Sementara kalau di luar negeri sana atau Amerika, per 1000 bisa US$1 - US$7," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya