5 Amalan di Hari Jumat Supaya Harimu Berkah dan Berlimpah Pahala

ilustrasi kebahagiaan
Sumber :
  • http://mrasyiduddin.blogspot.com

VIVA – Bagi umat Muslim, hari Jumat adalah salah satu yang paling istimewa, karena banyak amalan yang akan mendatangkan pahala besar dan keberkahan dari Allah SWT.

Kocak! Demi Makanan Jumat Berkah, Bapak-bapak Ini Batalkan Salat di Tengah Jalan

Dalam sebuah hadis bahkan disebutkan bahwa Jumat adalah hari terbaik. Di mana pada hari itu Nabi Adam diciptakan dan pada hari Jumat pula, Nabi Adam dimasukkan dan dikeluarkan dari surga.

Lalu, apa saja amalan di hari Jumat yang istimewa ini?

Doa Mustajab Hari Jumat Anjuran Ustaz Adi Hidayat: Insyaallah Allah Cukupkan Rezekinya

Berikut beberapa amalan yang bisa kamu jalankan supaya harimu makin berkah dan berlimpah pahala, dikutip dari berbagai sumber:

Membersihkan diri

Doa Mustajab Hari Jumat, Ustaz Adi Hidayat: Ini Waktunya Dikabulkan

Amalan satu ini jika dikerjakan pada hari Jumat akan memberikan banyak pahala, seperti mandi keramas, memotong kuku, rambut, dan lain sebagainya.

"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah" (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Ini Tarif Manggung Penyanyi Top Wanita, Agnez Mo hingga Ayu Ting Ting

Membaca surat Al Kahfi

"Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barangsiapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha illa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaik (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada-Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat" (HR. Al Hakim (1/564).

Banyak berdoa

Salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah pada hari Jumat. Dalam sebuah hadis disebutkan, jika seorang Muslim berdoa pada hari Jumat, akan diberikan apa yang diminta.

Baca juga: Hubungan dengan Aurel Disebut Settingan, Ini Kata Atta Halilintar

Perbanyak Shalawat Nabi

Bershalawat pada Rasulullah SAW memang boleh dilakukan kapanpun. Tapi, ada keistimewaan jika Kamu mengamalkannya pada hari ini, di mana kita dianjurkan untuk lebih banyak bershalawat pada hari istimewa ini. 

Membaca surat Surat Al-Ikhlas, An-Nas dan Al-Falaq

Membaca surat yang disebutkan di atas masing-masing 7 kali, juga membawa keberkahan serta pahala berlimpah jika dilakukan di hari Jumat. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya, yaitu setelah salat Jumat, tepatnya setelah salam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya