Lima Mitos dan Fakta Malam 1 Suro, Nomor Empat Paling Ngeri

Tradisi Mubeng Benteng di Keraton Yogyakarta setiap malam 1 Suro
Sumber :
  • Twitter Kraton Jogja

VIVA – Besok, Kamis 20 Agustus 2020, menandai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah. Momen malam menjelang 1 Muharam oleh masyarakat Jawa disebut juga dengan malam satu Suro. 

FOTO: Seperti Ini Proses Penggantian Kiswah Kabah

Malam 1 Suro pun dianggap sakral oleh masyarakat Jawa. Maka dari itu, banyak ritual dan tradisi yang dilakukan untuk menyambut malam sakral tersebut.

Tidak hanya melakukan beberapa ritual dan tradisi, banyak juga mitos dan fakta yang menyelimuti Malam Satu Suro ini. Apa saja? Berikut lima mitos dan fakta terkait Malam 1 Suro, dilansir VIVA dari berbagai sumber.

Momen Pergantian Kiswah Ka'bah di Malam Tahun Baru 1 Muharram

Dilarang mengadakan pesta pernikahan

Menikahkan anak pada bulan Suro sangat ditentang oleh budaya Jawa. Jika tetap dilakukan, dipercaya keluarga tersebut akan mendapat kesialan. Selain pernikahan, pesta-pesta lainnya seperti sunatan dan lain-lain juga dilarang. Dan mitos ini masih dipercaya sampai sekarang.

Ikut Kirab Malam 1 Suro di Kraton Solo, Gibran: yang Penting Hadir

Baca juga: Haru, Kakek Ini Tempuh Perjalanan 300 Km untuk Hadiri Pemakaman Cucu

Tidak boleh keluar rumah

Saat Malam 1 Suro, masyarakat Jawa memercayai bahwa mereka tidak boleh keluar rumah. Jika dilanggar, mereka percaya hal buruk atau kesialan akan menimpa mereka.

Pindah rumah

Selain enggak boleh keluar rumah, mitos lain yang dipercaya saat Malam 1 Suro adalah tidak boleh pindah rumah. Ya, dalam primbon masyarakat Jawa, ada yang disebut sebagai hari baik dan hari buruk. Nah, pada Malam Satu Suro ini, sebagian orang percaya untuk tidak pindah rumah, karena dianggap bukan hari baik. Padahal, dalam Islam, semua hari adalah baik.

Banyak makhluk halus bergentayangan

Salah satu mitos yang mengerikan adalah akan banyak makhluk halus bergentayangan pada Malam 1 Suro. Konon, Malam 1 Suro ini identik dengan pestanya makhluk halus, sehingga mereka akan keluar di malam yang dikeramatkan ini. Namun, ini hanya mitos belaka, kamu tidak harus memercayainya. 

Arwah leluhur akan kembali ke rumah

Meski sudah tidak berkembang luas, namun beberapa kalangan masih meyakini bahwa di Malam 1 Suro, arwah leluhur mereka akan pulang ke rumah. Makanya, ada larangan untuk keluar rumah pada Malam 1 Suro untuk menyambut arwah leluhur yang datang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya