Parah, Masa Toilet Umum di Taman Ini Dibuat Transparan

Toilet umum transparan.
Sumber :
  • Nippon Foundation

VIVA – Sebagian besar orang takut jika ingin menggunakan toilet umum, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Faktor kebersihan tentu jadi pertimbangan utama ketika akan menggunakan toilet umum.

PM Jepang Sambut Prabowo di Tokyo, Ucapkan Selamat atas Kemenangan di Pilpres

Nah, dalam upaya mengatasi hal tersebut, Kota Tokyo di Jepang, menghadirkan toilet umum dengan konsep lain daripada yang lain, di dua taman umum. Lalu, apa keistimewaan toilet tersebut?

Baca Juga: Aturan Pakai Toilet Umum agar Tak Tertular COVID-19

Bertemu PM Jepang Fumio Kishida, Prabowo Ingin Perkuat Kerja Sama Pertahanan dan Ekonomi

Dilansir India Today, Jumat, 21 Agustus 2020 keistimewaan pertama yaitu toilet dicat warna-warni dan cukup terang. Kedua, transparan. Ya, benar, seseorang dapat dengan jelas melihat ke dalam toilet dari luar, melalui dinding-dinding kaca yang terpasang. Tapi ajaibnya, kaca eksterior akan berubah menjadi buram saat pintu toilet dikunci.

Kamar kecil dengan konsep baru ini memungkinkan orang untuk melihat apakah toiletnya bersih atau tidak dan apakah ada yang sedang memakainya atau tidak, cukup dengan melihatnya dari luar.

Jepang Akan Jual Jet Tempur, Tinggalkan Pasifisme Pasca Perang

The Nippon Foundation meluncurkan proyek The Tokyo Toilet untuk mengubah stigma buruk orang-orang terhadap toilet umum. Toilet unik ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Shigeru Ban.

"Menggunakan teknologi baru, kaca eksterior akan berubah menjadi buram saat dikunci. Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada yang menggunakan toilet dari luar," tulis situs web proyek tersebut.

Tidak hanya itu, toilet ini juga berfungsi ganda sebagai lentera di malam hari.

"Di malam hari, toilet ini akan menerangi taman seperti lentera yang indah," tulis situs.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya