Hati-hati, Berteman dengan Mantan Pertanda Psikopat

Ilustrasi wanita/sedih.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Berteman dengan mantan mungkin bukan ide yang baik. Sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini, menunjukkan bahwa tetap berteman dengan mantan dapat menunjukkan masalah yang lebih dalam. Apakah kamu seorang psikopat? Apakah mantan kamu seorang psikopat? Itulah yang dikatakan para ahli.

Nikita Mirzani jalin Hubungan Sebelum Rizky Irmansyah Putus dari Afnan Feby?

Para ahli di Universitas Oakland melakukan penelitian dan menerbitkannya di Personality and Individual Differences. Mereka menganalisis ciri-ciri kepribadian pada 861 orang sekaligus kehidupan pribadi mereka.

Baca Juga:  Pacar Sering Bikin Anda Menderita? Bisa Jadi Dia Psikopat

Hyeri Akhirnya Klarifikasi Terkait Kontroversi Hubungannya dengan Ryu Jun Yeol dan Han So Hee

Peserta menjawab pertanyaan tentang hubungan masa lalunya. Orang-orang ini harus menjawab jika mereka tetap dekat dengan mantannya. Setelah fase ini, partisipan menerima kuesioner untuk kualitas narsistik dan psikopat.

ilustrasi wanita yang memiliki kantung mata hitam.

Profil Sabda Ahessa yang Digugat Usai Putus dari Wulan Guritno

Hasilnya, partisipan dengan ciri-ciri kepribadian yang mirip dengan psikopat lebih cenderung untuk tetap dekat dengan mantan mereka.

Psikopat adalah salah satu bentuk gangguan kepribadian antisosial. Ini menggambarkan orang-orang dengan ciri kepribadian yang mirip dengan narsisis dan sadis. Keegoisan dan kurangnya empati juga menjadi cirinya. Psikopat seringkali menunjukkan bukti serius dari sifat-sifat ini. Semua yang mereka lakukan adalah untuk memotivasi diri sendiri.

Psikopat menggunakan pesona palsu dan mempertahankan hubungan strategis dengan mantan bahkan setelah putus. Mengapa psikopat tetap menjalin hubungan dengan mantan? Kemungkinan alasannya berhubungan dengan keintiman, uang, atau ingin mendapatkan informasi.

Psikopat bahkan tidak bisa membayangkan melihat mantannya bersama dengan orang lain. Terkadang, mereka menggunakan pesonanya untuk menjaga mantan mereka hanya untuk diri mereka sendiri.

"Kencan itu cukup sulit tanpa semua orang berpikir bahwa setiap kali mantan Anda ingin tetap berteman, mereka memiliki kecenderungan psikopat atau memotivasi dalam pikirannya," kata Dr. Paulette Sherman, psikolog dan penulis 'Dating from the Inside Out', dikutip Healthy Food House, Minggu, 30 Agustus 2020.

"Ini adalah temuan yang menarik karena menunjukkan niat beberapa orang untuk melanjutkan hubungan itu. Mereka mungkin tertarik melakukannya untuk motif egois, seperti terus mengakses seks, informasi, atau keuntungan praktis lainnya. Mereka mungkin tidak memikirkan dampak emosional pada mantan mereka," lanjut dia.

Pakar tersebut juga mengatakan untuk tidak menyamaratakan semua mantan sebagai psikopat.

"Karena itu, saya telah melihat beberapa klien memilih untuk tetap bersahabat atau berteman dengan mantan karena alasan normal dan bahkan altruistik. Klien-klien ini menginginkan yang terbaik untuk mantannya, mereka menikmati kebersamaan dan tahu batasan yang jelas tentang menjadi teman dan tidak berhubungan seks atau membuat permintaan yang tidak masuk akal," kata dia.

"Seringkali mereka tidak lagi tertarik satu sama lain, keduanya berada dalam hubungan lain, dan menghormati pasangan masing-masing. Ini tidak mudah dilakukan, tetapi bisa terjadi dan penting untuk tidak berpikir bahwa semua mantan yang ingin tetap berteman memiliki kecenderungan atau motivasi psikopat," tutur Dr. Paulette Sherman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya