Tren Tanaman Hias Monstera, Harganya Puluhan Juta Bisa Jadi Investasi

Monstera
Sumber :
  • pixabay/ zoosnow

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat sejumlah masyarakat menemukan hobi baru untuk mengisi waktu selama karantina. Salah satu hobi yang belakangan ini begitu banyak dilakukan adalah memelihara tanaman hias, seperti tanaman hias monstera. 

10 Tanaman yang Bisa Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Dilansir dari berbagai sumber, janda bolong merupakan spesies tanaman tropis yang terkenal dengan lubang seperti keju pada daun yang dimiliki secara alami. Tidak hanya indah sebagai tanaman saja, monstera juga memiliki manfaat. Tanaman monstera diketahui dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan.

Masyarakat Tiongkok memiliki kepercayaan bahwa monstera adalah simbol kemakmuran, kesehatan dan penghormatan terhadap orang tua dan leluhur. Filosofi ini ada karena monstera yang merupakan tanaman rambah dapat tumbuh pesat secara vertikal. Selain itu, akar-akar yang tumbuh di sekitar batang monstera yang juga memungkinkan monstera untuk bertumpu pada pohon dan medium lain.

Sosok Mang Uprit, Pria yang Marah Edelweiss Rawa di Ranca Upas Hancur Digilas Trail

Baca juga: 5 Artis Ikut Tren Koleksi Ikan Cupang, Harganya Capai Puluhan Juta

Berbicara Monstera, tanaman yang dibudidayakan sebagai tanaman hias ini memiliki dua spesies yakni monstera deliciosa dan monstera adansonii. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan meruncing serta lubang daun yang tertutup seluruhnya. Sedangkan monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat dewasa.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Lepas Ekspor Tanaman Hias

Tanaman monstera bagian dari Araceae, family aroid, mereka adalah salah satu dari sedikitnya aroid yang menghasilkan buah untuk dimakan. Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman yang jarang berbunga atau menghasilkan buah.

Selain itu, kelebihan dari tanaman monstera ini adalah bisa menjadi investasi tersendiri. Sebab tanaman ini kian langka sementara peminatnya terus bertambah banyak, maka tidak heran jika harga tanaman ini akan mahal. 

Harga monstera deliciosa ukuran medium saja dijual seharga USD56 atau setara dengan Rp824 ribu. Bahkan harga satu tanaman monstera jenis deliciosa yang dijual di e-commerce Tanah Air mulai dari Rp2,5 juta hingga mencapai Rp25 juta.

Jika kamu ingin berinvestasi dengan menanam monstera ada baiknya kamu mulai mengetahui bagaimana cara merawat monstera yang tepat. Untuk menyimpan monstera ada baiknya ditaruh di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Kemudian siram tanaman ini setiap 1-2 kali seminggu, biarkan tanah mengering sebelum menyiramnya. Untuk menyimpannya di ruangan, sebaiknya simpan di ruangan lembab dengan suhu 18-30 derajat.

Baca juga: Banyak Diburu, Harga Tanaman Hias Aglonema Bikin Kaget

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya