Enam Tips Cara Memafkaan Seseorang, Bikin Lega

Ilustrasi memaafkan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Memaafkan bukanlah hal yang mudah untuk semua orang dan akan menjadi sangat rumit ketika Anda harus memaafkan seseorang yang bahkan tidak merasa menyesal atas tindakannya.

Menaklukkan Pikiran Bawah Sadar: Rahasia di Balik Iklan dan Persepsi Konsumen

Tetapi jika perilaku seseorang itu membuat Anda tidak bisa tidur pada malam hari, apa yang harus dilakukan? Anda harus belajar memaafkannya tanpa dia harus meminta maaf. Ini penting sebab akan membuat Anda sulit untuk maju secara positif dalam hidup.

Lalu bagaimana caranya? Dilansir dari laman Times of India, berikut ini enam langkah atau cara memafkaan orang lain.

Ayah Ojak Tersulut Emosi Ivan Gunawan, Wah Kenapa Nih?

Baca juga: Gaya Seks Berdiri, Lecut Gairah Sambil Tepuk Bokong

Putuskan apakah permintaan maaf itu penting

Bikin Emosi, 4 Zodiak Ini Paling Suka Menghakimi Orang Lain

Meskipun wajar untuk mengharapkan permintaan maaf ketika seseorang telah berbuat salah kepada Anda, tetapi terkadang perlu bagi kita menyadari bahwa mungkin Anda tidak membutuhkannya, dan ini menjadi langkah pertama yang bisa dilakukan.

Sebab, menunggu permintaan maaf hanya akan terus menyakiti Anda. Inilah mengapa penting untuk melepaskannya. Tentu saja, permintaan maaf akan menyenangkan, tetapi dua kata itu tidak secara ajaib akan membuat Anda memaafkan orang tersebut.

Biarkan diri Anda merasakan

Jika Anda ingin mempelajari seni memaafkan, pertama-tama Anda harus belajar memproses emosi Anda. Biarkan diri Anda merasakan emosi tanpa memikirkan mana yang benar dan mana yang tidak. Ini akan membawa Anda lebih dekat ke pemulihan. Luangkan beberapa menit setiap hari untuk merenungkan emosi Anda dan kemudian lanjutkan, lakukan beberapa hal positif untuk mengatasinya.

Baca juga: Jangan Percaya, Sakit Kepala Hingga Leher Kaku Bukan Gejala Hipertensi

Bicarakan tentang perasaan Anda

Tidak salah untuk mengungkapkan perasaan Anda. Faktanya, tidak sehat untuk memendam emosi. Anda harus melepaskannya dari dada dan mengeluarkannya. Ceritakan pada seseorang yang Anda percayai dan biarkan diri Anda memasuki zona pengampunan. Jika berbagi dengan seseorang tidak membuat Anda nyaman, tulislah di jurnal atau di blog anonim. Membiarkan emosi  keluar adalah yang terpenting.

Jujurlah

Anda tidak dapat melanjutkan hubungan Anda dengan keluarga, teman atau pasangan jika Anda tidak bisa jujur. Jujurlah dengan mereka dan juga diri Anda sendiri.

Pilih insiden yang layak untuk dibicarakan dengan seseorang yang melakukan kesalahan pada Anda dan cobalah mencari solusi bersama daripada menunggu permintaan maaf yang mungkin tidak Anda terima.

Baca juga: Ramuan Berkhasiat Jeruk Nipis Atasi Batuk dan Serak

Periksalah kontribusi Anda

Akan ada situasi di mana Anda mungkin benar dari awal hingga akhir dan dalam kasus lain, Anda mungkin menjadi orang yang menyebabkan orang tersebut bertindak seperti itu. Tindakan Anda dapat sangat memengaruhi seseorang untuk berperilaku dengan cara tertentu.

Hal ini tidak berarti Anda harus disalahkan setiap saat. Tapi penting bagi Anda untuk merenungkan perilaku Anda sendiri sebelum melanjutkan.

Lepaskan

Bagian tersulit dalam memaafkan seseorang adalah melepaskannya. Tetapi pada akhirnya, Anda hanya perlu melepaskannya daripada membuang-buang waktu menunggu dan merasa pahit karenanya.

Hidup tanpa kebencian, amarah dan sakit hati jauh lebih damai, bahagia dan menginspirasi. Dan jika Anda mengubah sikap Anda terhadap pengampunan agar menguntungkan Anda, itu akan membantu Anda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya