Bernilai Jutaan Rupiah, Begini Cara Merawat Aglaonema

Aglonema atau Aglaonema
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Bukan hanya olahraga saja, menanam juga menjadi hobi baru yang banyak dilakukan orang-orang untuk mengisi waktu selama pandemi COVID-19. Salah satu jenis tanaman yang banyak digemari untuk ditanam adalah  tanaman hias Aglaonema.

15 Jenis Tanaman Hias Daun yang Paling Populer, Ada Lidah Mertua

Tanaman Aglaonema atau tanaman yang dijuluki sebagai "Sri Rejeki" di kalangan masyarakat tanah air ini memiliki daya tarik sendiri baik dari segi warna hingga bentuk daunnya. Kombinasi warna hijau, putih, merah muda, merah, hingga kuning memberikan kesan keindahan pada tanaman hias ini.

Bukan hanya memiliki estetika saja, aglaonema ini juga bisa menjadi salah satu bentuk investasi lantaran harga jual dari aglaonema mencapai jutaan rupiah. Sebut saja, Aglaonema Khanza dijual di sebuah e-commerce mencapai Rp5 juta.

10+ Jenis Tanaman Hias Aglonema yang Cantik Paling Banyak Dicari

Baca juga: Syok Beli Daging Diduga Mr P, Wanita Lapor Polisi dan Sewa Pengacara

Karena harganya yang cukup menjanjikan, kenapa tidak mencoba untuk menanamnya? Buat kamu para pemula berikut ini sejumlah tips merawat aglaonema dengan baik dan cara membudidayakannya seperti dilansir dari berbagai sumber.

Cantiknya Caladium, Dulu Diabaikan Kini Berharga Jutaan

1. Untuk membudidayakannya, gunakan media tanam yang tepat. Untuk media tanam bisa campurkan tanah, pupuk dan sekam. Usahakan agar media tanam itu memiliki tingkat keasaman antara 6-7

2. Ketika menanam tanaman aglaonema maka harus juga menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kondisi dari media tanam. Penyiraman biasanya dilakukan dengan menyesuaikan dengan jumlah air dengan media tanam. Sebaiknya gunakan air bersih yang tidak mengandung zat berbahaya seperti kaporit karena kaporit dapat mempengaruhi warna daun aglaonema.

Baca juga: Tes 5 Detik di Rumah Bisa Ketahui Anda Berisiko Diabetes atau Tidak

3. Untuk pemupukan, campur 1/2 sdm pupuk dengan 1 liter air. Air campuran ini bisa digunakan untuk empat pot tanaman Aglaonema. Pemupukan bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali.

4. Membuat daun aglaonema, Anda bisa mencucinya secara berkala dengan mencampurkan air susu dan ampas kelapa. Ambil sejumput dan lap daun secara merata, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Cara merawat aglaonema ini adalah dengan menempatkan pada daerah yang semi-panas dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya