Unik! Konsep APD Superhero Bikin Anak Betah di RS

Alat pelindung diri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sosok tenaga medis identik dengan pakaian serba putih yang terkadang membuat anak ogah berlama-lama di rumah sakit (RS). Terlebih, pemakaian hazmat sebagai alat pelindung diri (APD) di masa pandemi COVID-19 membuat si kecil makin panik.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Latar belakang tersebut memacu Kiddie Care Centre, Sunter, untuk membuat konsep APD Superhero alias pahlawan super yang menggemaskan. Beragam kostum dipakai oleh tenaga medis seperti Wonder Women, Captain America, hingga Iron Man. Ide ini dicetuskan oleh dokter orthopedi, dr. Rollando Erick Manibuy SpOT.

Anak-anak saat bertemu para tenaga medis berkostum superhero ini pun sangat antusias. Bukan hanya itu, anak-anak juga cenderung menjadi lebih rileks dan bahagia sehingga membuat penanganan lebih mudah, seperti saat memberikan imunisasi.

Kumpulan Tontonan Film dam Serial Seru di Disney+ Hotstar untuk Temani Mudikmu!

Baca juga: Jangan Disepelekan, Gigi Keropos Anak Picu Gangguan Jantung

"Sampai saat ini, sih, mereka senang. Ada pasien yang suka iron man, kebetulan saya sedang pakai kostum captain america. Dia tenang saat di periksa dan di vaksin tapi sambil membuang muka. Sepertinya lebih suka jika iron man yang memeriksa dan memvaksin. Nah, pas mau pulang kebetulan kolega sy yang memakai iron man lewat, dan respons anak bahagia karena akhirnya bisa bertemu dengan iron man," papar dokter spesialis anak, dr. Darmady Darmawan, SpA, kepada VIVA, beberapa waktu lalu.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Kostum ini membuat anak menjadi lebih nyaman saat di rumah sakit sehingga tak lagi merasa khawatir jika harus diimunisasi. Bukan cuma bagi anak, APD Superhero juga membuat orang tua yang melihatnya merasa cukup senang.

Pemakaian APD Superhero ini sendiri sudah digunakan dokter gigi anak sejak lama, lantaran proses pemeriksaan gigi mencakup area mulut, di mana menjadi tempat masuknya virus corona jenis baru. Sementara, dokter anak baru beberapa minggu menerapkan hal yang sama agar mudah mendapatkan respons baik anak selama proses konsultasi.

"Semua tim dokter gigi anak memakai APD superhero. Sedangkan dokter anak, baru beberapa saja. Karena kita mau menjaga diri sebelum menjaga orang lain, kita memakai APD lengkap. Agar terlindung juga dari COVID-19," tutur Darmady.

Untuk bahan konstumnya sendiri, diakui Darmady, kedap air dan memang sedikit gerah. Namun, tetap diusahakan pemakaiannya senyaman mungkin agar anak betah di RS.

"Pemakaiannya APD superhero sekitar 7-8 jam," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya