Asli Indonesia, 4 Jenis Ikan Cupang Ini Paling Diburu Kolektor Dunia

Ikan cupang.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Meski kecil, ikan cupang tidak bisa dianggap remeh. Meski berukuran mini, warna-warnanya yang cantik dan langka, membuat jenis ikan hias ini memiliki harga selangit.

Ketika Piala Dunia U-17 Jadi Berkah untuk Ikan Cupang

Baca Juga: 5 Artis Ikut Tren Koleksi Ikan Cupang, Harganya Capai Puluhan Juta

Namun kita patut berbangga, ternyata beberapa jenis ikan cupang yang jadi buruan kolektor dunia berasal dari Indonesia. Yuk, kenalan satu per satu dengan jenis ikan cupang tersebut, dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Viral! Penjual Cupang Wujudkan Mimpinya Bisa Sukses Jadi Polisi

Baca Juga: 5 Ikan Cupang Termahal di Dunia, Harganya Bikin Melongo

1. Ikan cupang Giant

Bisnis Ikan Cupang di Padang Kian Menggiurkan, Tak Terhalang Pandemi

Ikan cupang.

Sesuai namanya, jenis ikan cupang ini memiliki bobot yang lebih besar dibanding ikan cupang lain. Jika dewasa, ikan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan cupang ini, panjangnya bisa mencapai 10-15 cm.

Selain besar, ikan cupang Giant juga memiliki warna yang cantik, sehingga turut berpengaruh pada harganya. Satu ekor ikan cupang Giant, biasanya dibanderol dengan harga Rp500 ribu-Rp1 juta.

2. Ikan cupang Double Tail

Ikan cupang.

Ikan cupang ini memiliki warna yang sangat mencolok. Selain itu, Double Tail juga memiliki dua ekor, sehingga sering dijuluki sebagai cupang ekor ganda. Ikan cupang ini biasanya paling dicari para kolektor, karena cukup langka di pasaran, akibat sangat sulit dibudidayakan.

3. Ikan cupang Fancy

Ikan cupang

Ikan cupang ini cukup populer. Kombinasi warnanya yang cantik, membuat ikan cupang Fancy berharga cukup mahal. Harga Fancy berkisar antara Rp100 ribu-Rp2 juta per ekor. Namun, semakin cantik warnanya, harga ikan cupang Fancy juga akan semakin mahal.

4. Ikan cupang Slayer

Ikan cupang.

Ikan cupang Slayer merupakan hasil perkawinan silang antara jenis ikan cupang Halfmoon dan jenis Crown Tail atau serit. Slayer, menjadi ikan cupang khas Indonesia, karena paling banyak dipelihara oleh masyarakat kita.

Tapi ternyata, tidak hanya di Indonesia, ikan cupang Slayer juga diburu para kolektor dunia, karena warna dan siripnya yang unik. Untuk harganya, ikan cupang Slayer dibanderol mulai dari Rp300 ribu-Rp5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya