Catat, 4 Tips Cukur Rambut di Rumah Saat PSBB

Ilustrasi potong rambut
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Meningkatnya kasus konfirmasi positif COVID-19 di Jakarta membuat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin 14 September mendatang.

Bisa Raup Cuan Maksimal Bisnis Barbershop, Begini Kuncinya

Dengan adanya PSBB tersebut sejumlah kegiatan selain 11 sektor yang dikecualikan akan ditutup termasuk salon. Sontak dengan ditutupnya salon kecantikan, membuat sejumlah orang harus menunda kegiatan seperti memotong rambut.

Gelandang Gresik United, M Sidik Saimmima (kanan), saat mencukur rambut Arsyad Yusgiantoro.

Bikin Penampilanmu Makin Kece, Ini Rekomendasi Barbershop Terfavorit di Jakarta

Meski salon ditutup bukan berarti kamu tidak bisa potong rambut loh, kamu bisa memotong rambut kamu di rumah. Lalu bagaimana sih cara memotong rambut di rumah namun tetap rapi seperti di salon?

Berikut ini 4  tips memotong rambut di rumah seperti yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber di YouTube.

Gibran Potong Rambut Jelang Nonton Debat di Istora, Minta Model Mulet

1. Potong rambut layer
Dalam channel YouTube April LaBelle memberikan tips untuk memotong rambut layer. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah bercermin untuk menentukan seberapa panjang kamu akan memotong rambut.

Langkah kedua sisir rambut bawah ke atas kemudian kuncir pony tail ke bagian atas kepala dan ikat. Setelah itu ambil bagian rambut lainnya sepanjang yang ingin kamu potong lalu ikat dan gunting rambut yang telah diikat.

Kemudian ambil setengah rambut lalu ikat kembali ke bagian atas kepala lalu trim rambut.

2. Potong rambut pendek
Dalam channel YouTube Yosely Eunike, dirinya membagikan tips memotong rambut menjadi pendek di rumah saja. Langkah pertama ambil rambut dan belah menjadi dua sisi sama rata.

Baca juga: Begini Sejarah Lahirnya Tradisi Potong Rambut di Indonesia

Kemudian ikat rambut di kedua sisi, untuk ukuran seberapa panjang atau pendek tergantung keinginan kamu. Lalu potong rambut persis di atas karet rambut di kedua sisi. Dan selesai, kamu bisa menata rambut sesuai keinginan.

3. Potong rambut A Line Bob
Dalam YouTube channel Patry Jordan English menjelaskan bagaimana untuk memotong rambut A Line Bob di rumah. Langkah pertama adalah bagi tiga bagian rambut yakni rambut samping kanan-kiri dan bagian tengah hingga belakang.

Kemudian ikat rambut bagian sisi belakang hingga seleher kemudian potong rambut tepat di bagian bawah karet hingga rata.

Setelah itu ambil bagian depan rambut lalu twist rambut kemudian potong diagonal kemudian twist rambut dan triming lakukan di kedua sisi bagian depan rambut.

4. Potong rambut model layer Korea
Dalam channel YouTube Velika Story dirinya membagikan cara tutorial memotong rambut model layer ala Korea. Langkah pertama ikat rambut 3/4 ke atas lalu jepit.

Setelah itu ambil gunting lalu gunting ujung rambut atau tergantung dengan seberapa panjang rambut yang ingin kamu potong. Satukan rambut kanan dan kiri potong rata.

Setelah itu, ambil kembali 1/2 rambut yang dijepit ke atas sisir rambut sebelah kiri lalu gunting menggunakan ujung gunting jauh lebih banyak dibanding sebelumnya lakukan di kedua sisi.

Lalu ambil 1/4 lagi rambut sisi kiri lalu gunting sesuai yang diinginkan kemudian lakukan hal serupa di sisi kanan. Setelah itu bawa ke depan sisa rambut lalu gunting menggunakan ujung gunting.

Untuk sisa rambut ini juga bisa dipotong jauh lebih banyak dibanding sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya