Unik, Trik Ustaz Syam Pilih Lagu Justin Bieber Saat Kajian di TikTok

Ustaz Syam Elmarusy jelaskan penulisan Insya Allah-Insha Allah di konten TikTok
Sumber :
  • instagram.com/syam_elmarusy/

VIVA – Penulisan kata Insya Allah atau Insha Allah kerap menjadi bahan perdebatan bahkan di media sosial. Penulisan kedua kata Insya Allah atau Insha Allah menjadi peredebatan dan selisih paham lantaran keduanya dianggap memiliki makna yang berbeda.

Viral Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Rp20 Ribu, Para Tetangga Akhirnya Buka Suara

Tidak hanya itu saja, penulisan Masya Allah atau Masha Allah juga sering menjadi perdebatan. Lantas, seperti apa penulisan Insya Allah atau Insha Allah yang benar?

Dalam postingan salahsatu video di akun TikTok pribadinya, Ustaz Syam Elmarussy angkat bicara.

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

"Ini yang banyak dipertanyakan sama temen-temen semua bagaimana penulisan Insya Allah atau Masha Allah atau huruf ‘Sya’," kata Ustaz Syam.

Baca juga: Ustaz Danu Sebut Susuk Sebagai Tempat Jin Bersarang

Ivan Gunawan Minta Maaf Usai Bercanda Soal Kasus Pencabulan: Saya Mengaku Salah

Beliau kemudian menjelaskan bahwa tidak ada masalah jika masyarakat menuliskan kata Insya Allah ataupun Insha Allah. Namun untuk pelafalannya sendiri tetap menggunakan Syin (sin besar huruf Arab).

"Sebenernya ga ada masalah penulisannya pakai huruf sya Insya atau sha Insha itu yang jelas bacanya pakai huruf ‘Sy’ kenapa karena di Indonesia itu pakai ‘Sy’," jelas beliau.

Dalam kolom komentarnya, Ustaz Syam juga kembali menjawab soal penulisan kata Insya Allah yang benar berdasarkan Al Quran.

Beliau menyebut bahwa penulisan yang benar adalah menggunakan ?  karena Al Quran sendiri tidak ada yang tulisannya berbahasa Indonesia.

"Kalo penulisan yg benar dalam Al Quran yg mana yg benar ya ustadz," tanya warganet.

"Yg bener ya ? karena ga ada quran tulisan Indo," jawab Ustaz Syam.

Namun yang menarik dalam video tersebut, Ustaz Syam coba mengkaji penjelasan tersebut juga dengan kosakata dalam bahasa Inggris serta diselingi pula oleh aksinya mendendangkan sebuah lagu dari bintang pop Justin Bieber, “That Should Be Me”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya