Cara Aman Jaga Keuangan di Saat Pandemi

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi COVID-19 membuat masyarakat harus lebih cermat bukan hanya dalam melindungi kesehatan, tetapi juga keuangan. Hal ini memengaruhi sistem ekonomi negara serta kondisi finansial jutaan keluarga di Indonesia

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Untuk itu, setiap pekerja perlu untuk mengelola keuangan agar siap menghadapi kondisi terburuk. Lalu bagaimana mengelola keuangan di tengah pandemi? Direktur AXA Financial, Cicilia Nina Triana membagikan tips mengelola keuangan selama pandemi. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan re-budgeting.

"Melakukan pencatatan ulang terhadap total pemasukan dan total pengeluaran. Dari total pengeluaran itu coba dicek mana yang bisa dieliminasi. Dengan kondisi work from home post pengeluaran bisa ditekan misalnya entertainment, transport, bensin, parkir enggak keluar," kata dia dalam virtual conference, Kamis 24 September 2020.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Hubungkan Kedua Telapak Tangan dan Cek Artinya, Nomor 3 Paling Unik

Setelah itu, masyarakat juga harus disiplin dalam menentukan mana yang kebutuhan dan keinginan. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Jangan sampai terjadi lifestyle trap enggak keluar, enggak pergi tapi online jalan terus. Jadi yang perlu dilakukan disiplin memilah mana yang kebutuhan dan keinginan. Misalnya sekarang ramai beli makanan online, daripada beli bisa belanja. Uang yang kita gunakan itu bisa kita bisa saving," jelas dia. 

Terakhir hal yang perlu dilakukan adalah dengan menyisihkan uang untuk disimpan. Salah satu jenis penyimpanan uang yang bisa dilakukan adalah dengan membeli asuransi.

"Sisihkan salah satunya dengan asuransi kalau nabung ada ATM banyak transaksi gampang asuransi liquid beli enggak bisa anytime ambil. Justru bagus untuk disiplinkan yang kita sisihkan untuk masa depan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya