Festival Iklim 2020 Ulas Perubahan Cuaca di Masa Pandemi COVID-19

Festival Iklim 2020
Sumber :
  • KemenLHK

VIVA – Festival Iklim 2020, resmi dibuka pada hari ini, Rabu 7 Oktober 2020. Diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Festival Iklim tahun ini mengambil tema Penguatan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Masa Pemulihan Pandemi COVID-19

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong, mengatakan, festival ini diselenggarakan untuk mencapai beberapa tujuan dalam rangka pengendalian dan perubahan iklim di Indonesia. 

"Festival Iklim ini pertama dalam rangka mendiseminasi dan mensosialisasikan berbagai kebijakan tentang pengendalian perubahan iklim di Indonesia, baik dari aspek mitigasi maupun adaptasi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu 7 Oktober 2020. 

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Alue menambahkan, ini termasuk hal-hal yang sudah diimplementasikan dalam rangka kegiatan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Baca juga: Jauhi Ini kalau Masih Mau Tinggal di Bumi

5 Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta, Ada Tetangga Indonesia

"Salah satunya program proklim di tingkat desa. Itu bagian dari upaya kita, bagaimana kegiatan mitigasi dan adaptasi iklim ini kita lakukan di tingkat tapak, bersama dengan desa," lanjut dia.

"Kemudian juga tujuannya adalah bagaimana teknik-teknik atau cara-cara pengukuran gas rumah kaca, inventaris gas rumah kaca, kita sosialisasikan dengan teknologi-teknologi yang sifatnya digital base," kata Alue. 

Festival Iklim diselenggarakan mulai hari ini, 7 - 27 Oktober 2020. Alue Dohong, turut menjelaskan beberapa kegiatan yang diselenggarakan selama festival ini. 

"Ada lagi nanti webinar-webinar penting, yang saya sarankan bisa diikuti. Karena itu hal-hal strategis yang ingin kita sampaikan bagaimana kegiatan perubahan iklim di Indonesia ini, baik dari aspek mitigasi atau adaptasi kita laksanakan," tutup Alue Dohong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya