Cantiknya Caladium, Dulu Diabaikan Kini Berharga Jutaan

Caladium
Sumber :
  • Instagram hobytanaman

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19, membuat banyak orang jadi memiliki hobi baru. Jika kebanyakan pria memilih untuk memelihara ikan, berbeda dengan wanita yang menyukai menanam tanaman hias.

10 Tanaman yang Bisa Mengurangi Polusi Udara di Rumah

Ya, beberapa waktu lalu, tanaman Aglonema cukup mencuri perhatian. Kini, giliran Caladium yang menjadi buruan. Padahal, dulu tanaman ini tidak diminati, bahkan hanya menjadi tanaman pekarangan. Tapi kini, Caladium disebut-sebut bakal jadi pesaing berat Aglonema

Sosok Mang Uprit, Pria yang Marah Edelweiss Rawa di Ranca Upas Hancur Digilas Trail

Di Indonesia sendiri, Caladium lebih sering disebut sebagai tanaman Keladi. Tanaman ini berasal dari hutan Brasil, namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Lepas Ekspor Tanaman Hias

Baca juga: Ketiban Rezeki, 5 Zodiak Ini Bakal Kaya dan Makmur di Akhir 2020

Tanaman hias ini memiliki ratusan jenis dengan corak bervariasi. Caladium yang umumnya beredar di pasaran saat ini merupakan hasil hibrida atau penyilangan. 

Caladium dari hasil hibrida yang terus berkembang pada tanaman hias ini telah melahirkan varian-varian yang cantik dan memukau, yang semakin menaikkan pamornya di pasaran. 

Dihimpun dari berbagai sumber, ciri yang paling khas dari tanaman ini terdapat pada bentuk daunnya yang menyerupai hati atau jantung. Daunnya bertekstur licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran daunnya, biasanya tidak lebih dari satu meter. 

Selain itu, tanaman satu ini tidak memiliki batang dan umumnya Caladium memiliki tangkai daun yang panjang, daun relatif tipis dan berumbi. Keunikan lain, semua tangkai daunnya terhubung ke umbi. 

Jika kamu berniat merawat Caladium, kamu harus berhati-hati, karena tangkai daunnya sangat mudah patah. Selain itu, jika di rumah ada anak kecil, kamu juga harus waspada, karena semua bagian dari tanaman ini beracun sehingga tak boleh dikonsumsi. 

Karena memiliki banyak jenis dan variasi, harganya pun cukup beragam. Untuk satu tanaman Caladium ada yang dibanderol puluhan ribu, namun yang termahal ada yang mencapai Rp2,7 juta. Tertarik membudidayakannya? 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya