Bernilai Jual Tinggi, Perbanyak Kaktus dengan Batang Naga

Budidaya tanaman kaktus di Bandung, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

VIVA – Menanam tanaman hias tengah menjadi tren di tengah pandemi. Selain janda bolong dan monstera, kaktus juga menjadi tanaman hias yang mulai banyak dilirik masyarakat untuk dipelihara.

Tidak Penuhi Kewajiban Karantina, Tumbuhan Kaktus Asal Impor Dimusnahkan

Bukan hanya mempercantik sudut rumah, kaktus juga memberikan efek kesehatan untuk penghuninya. Meski berduri tapi tanaman inj jika diletakkan dalam ruangan mampu membuat rumah bebas bakteri. 

Ini, karena kaktus memiliki kemampuan menghilangkan bakteri, bisa kurangi efek radiasi dan serap karbondioksdisa dalam ruangan dan menyebar oksigen di dalam rumah.

Jadi Makanan Warga Gaza Cegah Kelaparan, Ini Kandungan Nutrisi Tanaman Kaktus

Baca juga: Penelitian Terbaru, Bagaimana Virus Corona Bisa Menyerang Otak

Selain itu, tanaman ini juga bisa bernilai fantastis. Saat ini tanaman ini dijual dengan harga belasan ribu hingga jutaan rupiah. Salah satu e-commerce menjual kaktus centong mencapai Rp 2,7 juta. 

Warga Gaza Dilanda Kelaparan, Incar Kaktus Jadi Makanan

Kaktus centong harganya mencapai Rp2,7 juta

Budidaya tanaman kaktus di Bandung, Jawa Barat

Tentu untuk mendapatkan nilai investasi kita harus memperbanyak kaktus peliharaan kita. Salah satunya dengan teknik stek dengan batang buah naga. Bagaimana caranya?

Dilansir dari akun YouTube  rumah cactus craft, berikut ini langkah-langkah memperbanyak kaktus dengan batang buah naga.

Peralatan yang dibutuhkan:
- pisau 
-karet gelang, 
-batang buah naga yang memiliki akar (sudah ditanam dengan jarak 1 bulan)
-Indukan kaktus. 

Langkah-langkah

1. Ambil anakan kaktus potong menggunakan pisau

2. Siapkan pisau lalu, potong anakan kaktus sedikit hingga terlihat intinya

3. Potong rata bagian atas sampai terlihat inti dari batang buah naga. Kemudian potong 45 derajat tiap sisi segitiga batang. 

4. Siapkan karet gelang, lalu satukan anakan kaktus pastikan inti kaktus bertemu dengan inti batang kemudian digesek sedikit. Kuatkan dengan karet gelang. 

5. Letakkan di tempat teduh dan tidak disiram selama seminggu. Setelah seminggu taruu di tempat terang lalu potong karetnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya