Viral Truk Masuk ke Dalam Habitat Komodo, Bikin Geram

Saat komodo berhadapan dengan truk
Sumber :
  • twitter @savekomodonow

VIVA – Warganet berbondong-bondong menyerukan tagar #savekomodo. Tagar tersebut, bahkan masuk dalam jajaran trending topic Twitter Indonesia. 

Cari Madu, Warga Rinca Manggarai Barat Digigit Komodo

Ternyata, hal ini berawal dari postingan @KawanBaikKomodo di Twitter, yang mengunggah foto sebuah truk masuk ke dalam kawasan komodo di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur.

"Sedih! Komodo berhadap2an dengan truk proyek bangunan Wisata Jurassic di Pulau Rinca," tulis @KawanBaikKomodo mengawali ceritanya, dikutip VIVA, Senin 26 Oktober 2020. 

Pesawat AirAsia Tegelincir di Bandara Komodo, Begini Penjelasan Manajemen

Menurut si pemilik akun, ini ada kali pertama hewan-hewan tersebut mendengar suara deru mesin kendaraan dan mengirup bau asapnya. 

Baca juga: 4 Kelompok Paling Berisiko Kembangkan Gejala Jangka Panjang COVID-19

Video Detik-detik Keganasan Komodo Telan Kambing

"U pertama kalinya Komodo2 ini mendengar deru mesin2 mobil dan menghirup bau asapnya. Akan spt apa dampak proyek2 ini ke depannya? Masih adakah yg peduli dg konservasi?" lanjut akun tersebut geram. 

Dalam foto yang diunggah, tampak sebuah truk membawa besi pancang di area Pulau Rinca. Kemudian, truk berat berwarna hijau tersebut tampak melintas di dekat seekor komodo. 

Warganet pun geram melihat pemandangan ini. Mereka turut mengecam pemerintah yang merusak habitat hewan demi mencari keuntungan semata. Diketahui, di tempat ini sedang dibangun tempat wisata Geo Park berkonsep Jurassic Park. 

"Anjir emg ni, padahal itu habibat hewan yg d lindungi tp seenak2nya aja demi cuan. Kbyakan ngutang, segala cara dihalalin. Naudzubillah!!" ujar warganet. 

"Miris liat alam liar dibangun theme park.. komodo tanpa pengunjung yang massive itu jauh lebih "sehat" daripada dijadikan "atraksi alam liar," kata yang lain. 

"Niatnya bangun taman 'Jurrasic Park' karena banyak komodo, bisa dijadiin destinasi wisata, pas udah kebangun komodonya punah, proyeknya sia2, modal gk balik, utang makin nambah," tutur warganet. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya