Menggetarkan, 4 Kalimat Inspiratif Sambut Hari Sumpah Pemuda

Peringantan Hari Sumpah Pemuda
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Setiap tanggal 28 Oktober diperingati untuk Hari Sumpah Pemuda sebagai bentuk persatuan kepada para generasi muda di Tanah Air. Beragam ucapan terkait hal tersebut kerap dihadirkan untuk ikut merasakan suasana yang penuh semangat itu.

Diikuti Ratusan Peserta, BPKH Hajj Run & Fun Walk Gelorakan Haji Sejak Muda

Bagi kita yang masih cukup produktif, peran dan kontribusi pemuda begitu berarti untuk menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

Sumpah pemuda menjadi momen agar mengingat kembali kobaran semangat para pemuda yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Gelar Ngobrol Pintar di Hari Sumpah Pemuda, Bupati OKU Timur Ajak Pemuda Bangun Daerah

Untuk itu, tak heran banyak ucapan sumpah pemuda yang ditulis di berbagai media sosial untuk menyuarakan semangat itu lagi. Apa saja inspirasi ucapan Sumpah Pemuda yang bisa diutarakan? Berikut rangkumannya dari laman Goodminds:

Kemerdekaan Sejati
Kobarkan api semangat dalam menyambut kemenangan Tanah Air dapat diekspresikan dalam ucapan satu ini. Salah satu yang paling menonjol adalah ungkapan kemerdekaan sejati yang diraih saat melawan penjajah dahulu kala.

Peringati Sumpah Pemuda, Isu Perempuan Hingga Pendidikan Anak Dibahas

Baca juga: Surat Kabar Sin Po, Lengkapi Koleksi Museum Sumpah Pemuda

"Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang Sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda!" 

Takut Berakibat Tanpa Kemajuan
Presiden pertama RI, Soekarno, menuturkan bahwa rasa takut yang diemban para pemuda membuat langkah semakin sempit bahkan tak ada kemajuan sama sekali. Bung Karno pun menuturkan dengan lantang kalimat inspiratif tersebut.

"Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dam takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun," tutur Bung Karno.

Kemajuan dalam Genggaman
Setuju kalau generasi muda bangsa disebut sebagai penentu masa depan Indonesia, kan? Nah, kalimat ini pasti bakal membuat para generasi muda semakin semangat bekerja dan belajar demi memberi kemajuan pada Indonesia.

"Bersatulah wahai pemuda. Kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu."

Pentingnya Rasa Saling Percaya
Lagi-lagi, Soekarno menyebut bahwa rasa percaya sangat dibutuhkan demi kemajuan Indonesia. Apalagi, tanpa rasa percaya satu sama lain, memungkinkan generasi muda minim karya.

"Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lain."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya