Benarkah Rayakan Maulid Nabi Tak Dibolehkan? Ini Kata UAS

Ustaz Abdul Somad (UAS)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Maulid Nabi Muhammad SAW, diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Atau, dalam penanggalan Masehi, jatuh pada Kamis 29 Oktober 2020.

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Memperingati Maulid Nabi, memiliki beberapa keutamaan. Namun, ada beberapa pihak yang menganggap kalau merayakan Maulid Nabi, tidak diperbolehkan. 

Pendakwah kondang, Ustaz Abdul Somad, turut meluruskan hal ini. Menurutnya, merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, diperbolehkan karena sebagai bentuk rasa syukur.

Kesalahan Ini Banyak Dilakukan Orang saat Lebaran, UAS: Ditusukkan Paku ke Kepala Kamu Lebih Baik

Baca juga: Dosa Santet Orang, UAS: Kafirlah Dia!

"Berarti dia gak bisa baca kitab. Bahwa Maulid itu disyariatkan dengan dalil-dalilnya. Kalau boleh mensyukuri selamatnya Musa dari kejaran Fir'aun, maka boleh mensyukuri lahirnya Nabi Muhammad SAW," ujarnya dikutip VIVA dari Youtube Selerong Berdakwah, Rabu 28 Oktober 2020. 

Sudah Bertaubat Apakah Dosa Masa Lalu Tetap Dihisab? Ini Penjelasan UAS

Ustaz yang akrab disapa UAS itu bertanya balik pada para jamaahnya, apakah mereka bersyukur atas selamatnya Nabi Musa dari kejaran Fir'aun, dengan menjalankan puasa sunnah pada 10 Muharram. 

"Kenapa puasa 10 Muharram As-Syura? Karena mensyukuri nikmat selamatnya Musa dari kejaran Fir'aun. Fir'aun tenggelam di Laut Merah. Maka, kita pun bersyukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW," tegasnya. 

UAS pun menjelaskan bahwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, merupakan nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT pada umat Muslim. 

"Ingatkan mereka dengan nikmat-nikmat Allah. Ingatkan tentang nikmat jagung di Donggala dan Gorontalo. Ingatkan tentang nikmat sehat di Sulawesi, ingatkan tentang nikmat merdeka di Republik Indonesia," kata dia. 

"Tapi ada nikmat terbesar, apa itu? Nikmat datangnya Sayyidina Wa Maulana Muhammad SAW," tambah Ustaz Abdul Somad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya