Para Perempuan Tangguh di BUMN

Dirut Pertamina Nicke Widyawati
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir terus melakukan inovasi dan tranformasi dalam perusahaan-perusahaan pelat merah, termasuk memperbesar komposisi peran perempuan di jajaran petinggi BUMN menjadi setidaknya 15 persen.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Menurut Ketua Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia, Puteri Anetta Komarudin, langkah itu menjadi momentum bagi perempuan untuk meniti karir dan berkiprah dalam memajukan BUMN.

“Kebijakan tersebut perlu dipandang sebagai suatu momentum transformasi BUMN, dalam memperluas kesempatan dan mengembangkan potensi kepemimpinan perempuan yang perlu kita dukung bersama,” ujarnya di Jakarta, Kamis 29 Oktober 2020.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Putri berharap, kuota perempuan di jajaran petinggi BUMN bisa disesuaikan dengan target komposisi seperti standar global, yakni 30 persen.

Saat ini sudah ada enam wanita yang memegang pucuk pimpinan perusahaan pelat merah di Indonesia. Seperti Dirut Pertamina, Nicke Widyawati, yang pernah masuk peringkat 16 dalam Daftar 50 Besar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Kemudian, Wadirut Bank Mandiri, Alexandra W Askandar. Lalu ada Dirut PT ASDP Ferry, Ira Puspadewi, lulusan Universitas Brawijaya yang pernah bekerja selama 17 tahun di retailer asal Amerika Serikat.

Dwina Septiani Wijaya menjadi Direktur Utama Perum Percetakan Uang Republik Indonesia sejak November 2017. Satu bulan kemudian, Setia N Milatia Moemin yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia ditunjuk menjadi Dirut Perum Damri.

Terakhir, ada Diana Rosa yang menjabat sebagai Dirut PT Industri Kapal Indonesia pada Juli tahun ini. Sejak 2003 ia telah bergabung di dunia galangan kapal BUMN, tepatnya di dok perkapalan Surabaya.

Baca juga: Gawat, 5 Pasangan Zodiak Ini Diramal Tak Pernah Rukun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya