5 Fakta Menarik Seputar Halloween

Ilustrasi Halloween.
Sumber :
  • Freepik/studiogstock

VIVA – Setiap tanggal 31 Oktober banyak orang di seluruh dunia merayakan Halloween. Perayaan Halloween bermula dari festival pertanian Celtic Samhain. Festival ini menandai dari akhir musim panen dan awal musim dingin.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Persib Bandung vs Bhayangkara FC di Liga 1

Sejumlah perayaan seperti pesta kostum hingga dekorasi unik pun menyemarakkan kegiatan ini. Dibalik perayaan Halloween yang begitu meriah di berbagai belahan penjuru dunia, ternyata ada beberapa fakta menarik mengenai perayaan Halloween itu. Berikut ini lima fakta menarik seputar perayaan Halloween.

1. Melakukan tarian untuk meminta makanan atau permen

5 Fakta Menarik Jelang Duel Vietnam vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Sebagian besar pakar menyebut bahwa trik-or-trick berasal pada praktik mumming di Eropa, di mana peserta mengenakan kostum dan pergi dari satu pintu ke pintu lain kemudian melakukan tarian koreografi, lagu, dan permainan sebagai imbalan atas hadiah. Menurut Celebrating The Family, Elizabeth Pleck, tradisi ini muncul di Amerika, di mana tradisi itu sering terjadi pada hari Thanksgiving.

Dalam beberapa versi awal trick-or-treat, pria berparade dari pintu ke pintu, dan anak laki-laki sering mengikuti, meminta koin. Sebagian besar trick-or-treat awal ini dilakukan oleh mereka yang benar-benar membutuhkan uang, tetapi anak-anak kaya juga ikut bersenang-senang. 

Mengaku Sempat Disantet, Ini 5 Fakta Meninggalnya Stevie Agnecya

Berkunjung dari pintu ke pintu sebagian besar dihentikan pada tahun 1930-an, tetapi muncul kembali pada abad itu untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari mengolok-olok Halloween.

2. Dulu, orang yang merayakan Halloween mengenakan kulit dan kepala binatang

Menurut catatan Romawi kuno, suku-suku yang terletak di Jerman dan Prancis secara tradisional mengenakan kostum kepala dan kulit binatang untuk terhubung dengan roh orang mati. Tradisi ini berlanjut hingga perayaan hari Samhain, liburan Celtic yang menginspirasi Halloween di Amerika. 

Kini, mereka yang merayakan Halloween sering berpakaian seperti roh jahat hanya dengan menghitamkan wajah mereka. Pemimpin parade Samhain mengenakan kain putih dan membawa kepala kuda kayu atau tengkorak kuda yang dihiasi. Orang-orang muda juga dirayakan dengan cross-dressing.

3.  Awalnya Jack-o-lantern bukan dibuat dari labu tapi dari lobak, bit, dan kentang

Jack-o-lantern berasal dari sebuah kisah Irlandia kuno tentang seorang pria bernama Stingy Jack. Menurut cerita rakyat, Stingy Jack keluar ditabrak Iblis ketika Jack meyakinkan rekannya untuk mengubah dirinya menjadi koin untuk membayar minuman tanpa menghabiskan uang. 

Jack kemudian memasukkan Iblis, berbentuk seperti koin, ke dalam sakunya, yang juga berisi salib perak yang mencegah Iblis untuk bertransformasi kembali. Jack berjanji untuk membebaskan Iblis itu, dengan catatan Iblis itu tidak akan mengganggunya selama setahun, dan jika dia mati, Iblis tidak akan pernah bisa mengklaim jiwanya. 

Jack menipu Iblis lagi kemudian, membuatnya mengambil sepotong buah dari pohon dan kemudian mengukir salib ke kulit kayu ketika Iblis berada di cabang-cabang. Trik ini memberi Jack 10 tahun lagi hidup bebas iblis.

Ketika Jack akhirnya mati, Tuhan memutuskan dia masuk untuk surga, tetapi Iblis telah berjanji untuk tidak pernah mengklaim jiwanya sebagai neraka. Jadi Jack dikirim untuk menjelajah Bumi dengan hanya batu bara yang menyala untuk cahaya.

Dia meletakkan batu bara ke lobak sebagai lentera, dan Stingy Jack menjadi Jack SI Lentera atau Lentera Jack o. Berdasarkan mitos ini, orang Irlandia itu mengukir wajah menakutkan Jack menjadi lobak, bit, dan kentang untuk menakut-nakuti Stingy Jack atau roh malam lainnya.

4. Beberapa tempat perlindungan hewan tidak akan mengizinkan adopsi kucing hitam di saat Halloween karena takut mereka akan dikorbankan

Tidak jelas apakah kucing hitam benar-benar dikorbankan saat Halloween, tetapi berbagai tempat penampungan hewan menolak untuk membiarkan orang mengadopsi kucing-kucing ini menjelang Halloween. 

Lynda Garibaldi, direktur The Cats 'Cradle di Morganton, North Carolina, mengatakan kepada The Huffington Post bahwa penampungan “tidak mengadopsi kucing hitam selama bulan Oktober ... karena takhayul dan kekhawatiran bahwa orang yang salah (yang mungkin membahayakan mereka) mungkin mengadopsi mereka,".

Namun, jenis larangan ini mulai memudar. Ketika dihubungi untuk memberikan komentar, Emily Weiss, wakil presiden Shelter Research and Development di ASPCA, mengatakan, bahwa hal itu sudah tak berlaku sejak bertahun-tahun yang lalu. 

Hal ini cukup umum karena tempat penampungan tidak akan mengadopsi kucing selama Halloween karena takut akan terjadi sesuatu yang mengerikan pada kucing, tapi pihaknya tidak terlalu menghiraukan hal tersebut. 

Dan banyak, tempat perlindungan sebenarnya [mengadakan] promosi kucing hitam khusus saat menjelang Halloween.

5. Penelitian menunjukkan bahwa Halloween sebenarnya membuat anak-anak bertindak lebih jahat

Satu studi khususnya menemukan bahwa anak-anak berkostum yang tidak diawasi dalam kelompok jauh lebih mungkin untuk mencuri permen dan uang daripada anak-anak yang tidak berkostum dan anak-anak yang tidak dalam kelompok. 

Studi serupa lainnya menemukan bahwa anak-anak bertopeng secara signifikan lebih mungkin untuk mengambil lebih banyak permen Halloween daripada yang seharusnya jika mereka percaya tidak ada pengawasan orang dewasa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya