Sejarah Single Day yang Jatuh pada Hari Ini

Pria lajang.
Sumber :
  • Pixabay/tabeajaichhalth

VIVA – 11 November atau 11.11 umum dikenal sebagai hari belanja online di tanah air. Sejumlah merchant pun memberikan potongan harga khusus untuk memperingati 11.11. Namun ternyata bukan hanya semarak pesta belanja online saja, ternyata 11 November di dunia juga diperingati sebagai Single Days.

Ya, 11 November setiap tahunnya diperingati sebagai Single Days di berbagai penjuru negara. Dilansir dari laman Forbes, Single Days atau yang kerap dikenal sebagai "Bare sticks holiday" ini pertama kali diperingati pada 1993 di Nanjing University. Tangal 11.11 dipilih lantaran menyerupai 4 batang tunggal.

Single days sendiri awalnya disebut sebagai "Bachelor day" perayaan yang dimulai di kalangan mahasiwa Nanjing sebagai acara semacam anti hari valentine.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Baca juga: Mandi Malam Disebut Picu Rematik, Ini Kata Dokter

Teori yang paling diterima secara luas tentang awal mula Single Days ini ketika empat mahasiswa laki-laki dari asrama Mingcaowuzhu Universitas Nanjing yang lajang itu membahas bagaimana mereka dapat melepaskan diri dari kemonotonan karena tidak memiliki pasangan, dan setuju 11 November akan menjadi hari acara dan perayaan untuk menghormati menjadi seorang lajang.

Dilansir dari laman Investopedia, kegiatan ini menyebar ke seluruh universitas dan akhirnya ke universitas lain, menarik bagi pria dan wanita , karena itu namanya berubah menjadi Single Day.

Menariknya, Single Day sekarang berfungsi sebagai kesempatan bagi para lajang untuk bertemu, dengan menghadiri pesta dan pertemuan sosial lainnya yang diselenggarakan, selain itu juga 11 November juga menjadi tanggal yang populer untuk pernikahan. Pada tanggal tersebut, media Tiongkok membahas dan meliput masalah terkait cinta dan topik hubungan.

Single Day telah populer di negara lain dan telah dirayakan di seluruh Asia Tenggara dan beberapa negara Eropa, termasuk Jerman, Belgia, dan Inggris. Namun Versi Inggris Single Day diprakarsai oleh para ahli kencan dan jatuh pada tanggal yang berbeda yakni pada 11 Maret setiap tahunnya.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024