Saking Hobinya, Rumah Fenita Arie Dipenuhi Kaktus Mahal

Koleksi kaktus Fenita Arie.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Selama pandemi, tak sedikit artis yang tiba-tiba hobi memelihara tanaman hias. Sebut saja Titi Kamal, Yuni Shara, Angela Gilsha, Tya Ariestya, Ririn Ekawati, Soimah dan masih banyak lagi. 

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Pun dengan presenter cantik, Fenita Arie. Bukan tanaman hias biasa, istri dari Arie Untung itu memelihara berbagai jenis kaktus. Melalui channel Youtube-nya, Fenita menceritakan awal mula ketertarikannya dengan kaktus.

"Kenapa aku jadi tertarik sama kaktus dan sukulen ini, karena pertama perawatannya gampang banget. Dia adalah tanaman yang gak perlu neko-neko, perawatan ini itu, jadi dia lebih suka panas, terus dia sukanya kering," ujarnya di channel Youtube CERITA UNTUNGS, dikutip VIVA.

Tidak Penuhi Kewajiban Karantina, Tumbuhan Kaktus Asal Impor Dimusnahkan

Wanita yang juga berprofesi sebagai model itu mengatakan, pelan-pelan dia membeli satu per satu tanaman kaktus itu hingga akhirnya menjadi banyak. Namun, meski ukurannya kecil, Fenita mengaku tanaman-tanaman kesayangannya itu tidak berharga murah.

"Kalau bicara mengenai budget, kaktus lumayan budget banget menurut aku. Karena kalau kita ngomongin kaktus itu udah kaya art. Potnya ini juga sangat memengaruhi banget. Ini aku beli di daerah BSD, ini potnya udah sama tanamannya dan alhamdulillah ini bisa lihat ada pertumbuhannya. Terus aku beli yang ini dan soon-soon selanjutnya," kata dia.

Jadi Makanan Warga Gaza Cegah Kelaparan, Ini Kandungan Nutrisi Tanaman Kaktus

Fenita turut memberikan tips merawat kaktus dan sukulen. Menurut dia, tanaman satu ini tidak boleh sering disiram. Jika keseringan disiram, bukannya tumbuh subur, kaktus malah bisa membusuk dan mati. 

"Itu udah paling penting dan bener banget. Kenapa? Kita kan di rumah selama pandemi, jadi waktunya agak berlebih. Jadi aku urusin kaktus, aku siramin, aku jaga supaya gak kotor. Eh, walhasil kaktus aku malah lembek jadinya busuk," tuturnya. 

Wanita 34 tahun itu mengaku, mengetahui cara perawatan kaktus hasil dari browsing di Instagram dan para pecinta kaktus. Lalu, bagaimana cara menyiram kaktus yang benar?

"Jadi, cara penyiramannya adalah cuma semprot-semprot dan semprotnya di media tanahnya, jangan di area badannya atau di kaktusnya. Karena itu akan membuat kaktus kamu jadi lembek. Terus di daerah sini, akarnya atau taruh di area yang basah. Kalo aku, taronya misalnya di ember, terus sesuain sama potnya. Terus aku diemin, taro kurang lebih sekitar 5-10 menit, abis itu kamu angkat lagi," kata dia. 

Fenita menjelaskan, hal itu dilakukan agar airnya benar-benar meresap pada media tanamnya. 

"Jadi, gak perlu dikasih dari atas, tapi dari dalem aja. Jadi, dia bener-bener nyampe ke targetnya atau akar dari kaktusnya. Udah gampang banget, terus misal mau bersih-bersih tinggal pake sikat aja," kata Fenita Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya