10 Peristiwa Paling Viral di 2020, Bikin Geger Berhari-hari

Najwa Shihab.
Sumber :
  • IG Najwa Shihab.

VIVA – Beberapa peristiwa banyak terjadi sepanjang 2020. Selain pandemi COVID-19 yang menguras perhatian banyak orang, kejadian-kejadian tak biasa lainnya juga ramai menjadi perbincangan.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

Beberapa di antaranya menjadi berita viral di dunia maya yang diperbincangkan selama beberapa hari. Mulai dari tragedi pilu, kejadian yang membuat geleng-geleng kepala, hingga yang menghibur.

Berikut ini rangkuman tujuh kejadian viral yang menghebohkan dunia maya selama 2020.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Korban virus corona tumbang di jalan

Photo :
  • Twitter
Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Di masa awal wabah virus corona melanda China, dunia digemparkan dengan video di dunia maya yang memperlihatkan korban-korban virus corona tumbang di jalanan. Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan bagaimana seorang pria terbatuk lalu pingsan saat mengantre mendapatkan penanganan dari tenaga kesehatan.

Tak jauh berbeda, kondisi di rumah sakit juga kacau balau. Pasien bergelatakan di koridor rumah sakit sementara tenaga kesehatan mulai diliputi stres hingga menangis histeris.

APD dari kantong sampah

Photo :
  • Instagram

Saat wabah virus corona penyebab COVID-19 mulai menyerang Indonesia, kondisinya pun tak jauh berbeda dengan China. Tenaga kesehatan dibuat kewalahan dengan jumlah pasien yang terus bertambah. Sempat viral juga bagaimana mereka kekurangan alat kesehatan, salah satunya alat pelindung diri.

Foto-foto ramai beredar menunjukkan para tenaga kesehatan memutar otak menggunakan berbagai benda di sekitar mereka untuk dijadikan APD. Salah satunya, memanfaatkan kantong sampah hingga jas hujan.

Heboh pocong masuk berita Korea Selatan

Photo :
  • MBC

Petugas yang berdandan dengan kostum pocong di Desa Kepuh, Purworejo, Jawa Tengah, menghebohkan dunia maya. Para petugas itu sengaja melakukannya agar warga di sana patuh menaati aturan pembatasan sosial demi memutus penyebaran COVID-19.

Nampaknya, cara unik ini sangat menarik di mata internasional. Siaran berita televisi Korea Selatan menyoroti pocong ini hingga menjadi perbincangan viral di media sosial. Begitu juga dengan salah satu portal berita Inggris, Independent.

Tante Ernie bikin geger

Photo :
  • IG Tante Ernie

Pada pertengahan 2020, sosok Tante Ernie menjadi topik paling panas di sosial media. Namanya bertengger di trending topic dan disebut sebagai Pemersatu Bangsa.

Nama Tante Ernie mendadak melejit setelah tampil di acara podcast Sekut FM, kanal Gofar Hilman sang penyiar Hard Rock FM. Sejak itu, banyak warganet membuat cuitan soal Tante Ernie.

Fetish 'bungkus' kain jarik

Photo :
  • Twitter

Publik dikejutkan dengan pengakuan mahasiswa yang menjadi korban pelecehan seksual. Tapi, tindakan yang dilakukan pada korban terbilang tak biasa. Si pelaku meminta korban untuk membungkus tubuhnya menggunakan kain jarik.

Pelaku yang bernama Gilang ternyata memiliki kelainan seksual yakni fetisisme yang membuatnya terangsang saat melihat seseorang terbungkus kain. Kasus ini telah ditangani oleh polisi.

Lutfi Agizal dan kata 'anjay'

Photo :
  • Instagram/lutfiagizal

Rasanya sulit dilupakan perkaran kata 'anjay' yang dipermasalahkan oleh Lutfi Agizal. Bahkan, karena menilai 'anjay' adalah kata yang tak sopan, Lutfi mengadukan persoalan itu ke KPAI. Dia juga meminta agar kata tersebut tidak lagi digunakan karena bermakna negatif.

Nama Lutfi menjadi trending dan tak henti dibicarakan selama beberapa hari. Namun, banyak warganet yang justru mengkritik sikap Lutfi yang dianggap berlebihan dan pansos.

Odading Mang Oleh

Photo :
  • YouTube

Masih ingatkah kamu dengan video viral yang berisi promosi jajanan Bandung, odading, oleh pria bernama Ade Londok.

"Odading Mang Oleh. Mmmm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh di dieu, karena lamun teu ngadahar Odading Mang Oleh, maneh teu gaul jeung Aing. Lain balad Aing," demikian isi pesan di video itu.

Saking viralnya, usaha odading itu selalu dipenuhi pelanggan antre hingga mengular. Sosok Ade Londok pun ikut tenar dan diundang di sebuah program televisi.

Wawancara kursi kosong Najwa Shihab

Photo :
  • IG Najwa Shihab.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memang menjadi sosok yang sangat dicari selama pandemi. Pada awal virus corona masuk ke Indonesia, Terawan terbilang aktif bersuara di media. Sayang, banyak pernyataannya yang justru memancing kontroversi.

Belakangan, ketika COVID-19 semakin meluas dan meningkat tajam, sosoknya seperti menghilang ditelan Bumi. Hingga, Najwa Shihab lewat program bincangnya, Mata Najwa, mewawancarai sebuah kursi kosong yang seolah-olah sedang diisi oleh Menteri Kesehatan.

Langkah berani Najwa melakukan wawancara ini pun viral dan banyak diperbincangkan warganet.
 
Mahasiswa di demo UU Cipta Kerja

Pengesahan UU Cipta Kerja oleh DPR mengundang reaksi keras dari berbagai kalangan. Salah satunya mahasiswa yang turun ke jalan untuk berdemonstrasi. Banyak kejadian heroik, haru, hingga unik yang terekam yang viral di media sosial.

Salah satunya adalah potret mahasiswi-mahasiswi cantik yang rela berjibaku demi menyuarakan suara rakyat. Namun, yang paling menarik adalah seorang mahasiswa yang terlihat mengenakan beragam atribut jutaan rupiah saat berdemo. Fotonya pun menjadi viral di dunia maya.

Crazy Rich Malang beri hadiah Tower untuk istri

Photo :
  • Instagram

Gilang Widya Pratama, seorang pengusaha kaya asal Malang, menjadi sosok viral karena memberikan hadiah sebuah tower mewah untuk istrinya, Shandy Purnamasari.

Momen itu dibagikan Gilang yang merupakan co-founder MS Glow for men dan pengusaha bus pariwisata di akun instagram pribadinya @juragan_99.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya