5 Cara Efektif Hentikan Kecanduan Main Ponsel

Kecanduan main ponsel
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Setiap kali Anda mencoba untuk fokus pada sesuatu atau mencoba yang terbaik untuk menyelesaikan tugas penting, ada gangguan digital di sekitar Anda, ya ponsel cerdas Anda. 

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Anda memiliki keinginan untuk memeriksanya sangat sering dan terus mengikuti perkembangan dunia. Meskipun mengambilnya dengan niat untuk hanya memeriksa pesan sebentar, Anda akhirnya menghabiskan satu jam menggulir melalui media sosial atau memanjakan diri dalam belanja online.

Sementara kebanyakan orang mengklaim memiliki kebiasaan memeriksa ponsel mereka masih terkendali, namun secara tidak sadar telah kecanduan ponsel karena mereka tidak dapat meletakkannya begitu mereka mengangkatnya. Berikut adalah lima cara untuk memerangi kecanduan ponsel dilansir dari Pinkvilla.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Matikan notifikasi

Hal yang paling mengganggu ketika berada di tengah-tengah tugas penting adalah ketika ponsel berdengung dan Anda tidak bisa menahan rasa ingin tahu tentang pemberitahuan tersebut dan sebelum menyadarinya, Anda akhirnya memeriksa media sosial selama berjam-jam. 

Terkuak Kebiasaan 1 Keluarga Sebelum Lompat dari Apartemen, Sering Lakukan Hal Ini

Jadi matikan notifikasi dan ubah pengaturan untuk mengaktifkannya hanya saat Anda membuka aplikasi.

Gunakan aplikasi

Mungkin terlihat ironis bahwa untuk menjauh dari ponsel, Anda menggunakan ponsel! Tetapi ada banyak aplikasi yang tersedia yang akan membantu Anda menjaga waktu layar Anda tetap teratur dan membatasi penggunaan telepon.

Tidak melakukan apapun

Kapanpun Anda memiliki waktu luang, hal pertama yang Anda lakukan adalah memeriksa telepon. Kembangkan kebiasaan duduk diam dan tidak melakukan apa pun di waktu luang untuk memberi istirahat pada pikiran dan tubuh.

Jangan simpan di dekat tempat tidur

Saat mengisi daya ponsel Anda, jangan simpan di dekat tempat tidur atau di mana pun yang mudah diakses untuk sengaja meluangkan waktu dari perangkat Anda.

Hapus aplikasi yang mengganggu

Banyak aplikasi memaksa Anda membuang-buang waktu untuk itu! Simpan ini di layar kedua atau ketiga, bukan di layar beranda ponsel untuk menghindari gangguan dari mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya