Cara Sederhana Atasi Tertelan Duri Ikan

Ilustrasi duri ikan tersangkut di tenggorokan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ikan menjadi salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak. 

3 Jenis Ikan Ini Aman untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Selain itu, ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, ikan juga menjadi pilihan nutrisi yang baik untuk ibu hamil karena dapat membantu perkembangan janin dan menciptakan kehamilan yang sehat.

Kandungan nutrisi yang baik pada ikan, membuat masyarakat rutin mengonsumsi ikan. Namun tidak sedikit dari masyarakat yang merasa trauma atau malas mengonsumsi ikan lantaran duri yang ada pada tubuh ikan.

Viral 3 Ton Ikan Keramat Dikubur 

Termasuk insiden tertelan duri ikan yang menyebabkan rasa tidak nyaman di area tenggorokan. Lantas bagaimana mengatasi insiden tertelan duri ikan? Berikut ini sejumlah langkah yang bisa dilakukan dalam mengatasi tertelan duri ikan seperti dalam tayangan Hidup Sehat TVOne, yang tayang pada Selasa 19 Januari 2021.

Drg. Teungku Annisa menjelaskan jika duri tertelan masyarakat bisa melakukan gerakan batuk dengan sekali tekanan yang kuat agar duri ikan bisa keluar. Selain itu bisa gunakan nasi, caranya ambil nasi dan bulatkan seukuran kelereng.

Zodiak Kekasih Terbaik Hingga Jenis Ikan Pemicu Hipertensi

Setelah itu telan bulat-bulat dan tidak boleh dikunyah, setelah itu konsumsi air mineral agar tidak tersedak. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan marshmallow

"Marshmallow kalau terkena air atau air liur akan membuat teksturnya menjadi kenyal. Caranya kunyah sedikit saja lalu diamkan di dalam mulut agar lengket setelah itu telan bulat-bulat," ujar dia.

Selain itu, bisa gunakan air hangat dan garam, caranya cukup larutkan garam 1sdm dengan 1 gelar air hangat, kemudian kumur sebentar dan telan. Bisa juga gunakan minyak zaitun sebanyak 1-2 sdm untuk ditelan langsung atau bisa dicampurkan dengan air hangat untuk diminum. 

Selain itu bisa pakai roti, kita bisa potong bagian pinggirnya, lalu celup dengan air atau susu hangat kemudian telan bulat-bulat. Atau bisa menggunakan pisang, potong 2cm lalu diamkan dalam mulut selama 10 detik agar lembab lalu telan tanpa dikunyah setelah itu minum air mineral agar tidak tersedak.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya