Dr. Aisyah Dahlan: Manfaat Zikir Ternyata Sangat Besar untuk Tubuh

Ilustrasi zikir.
Sumber :
  • ANTARA/FANNY OCTAVIANUS

VIVA – Dzikrullah atau zikir kepada Allah SWT adalah mengingat dan merasakan kehadiran Allah dengan menggunakan potensi pikiran bawah sadar. Artinya, makna dzikrullah adalah membangkitkan kembali ingatan bawah sadar kita tentang Allah.

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Jika dirasakan dalam kondisi khusyuk, maka Allah 'hadir' dalam kesadaran kita. Namun tidak terbatas pada itu saja. Pada saat kita melafalkan zikir, akan membawa banyak manfaat bagi tubuh. Dimulai dari otak kita.

Dokter Aisyah Dahlan mengungkap, ternyata pada saat kita berzikir, maka program neuron di otak kita akan terakses, kemudian jalan ke batang otak, lalu ke sumsum tulang belakang.

Terpopuler: Pria Ini Ajak Warga Sekampung Pindah Agama, hingga 4 Zodiak Paling Berkelas

"Apa yang terjadi ketika kita berzikir? Maka badan kita dan kita ini bisa melakukan kegiatan yang penuh kasih sayang," ujarnya di YouTube RUMIL AL-HILYA, dikutip VIVA, Kamis, 28 Januari 2021.

Bahkan lebih dari itu, menurut dokter Aisyah, kalimat-kalimat thayyibah pada saat kita lafazkan, akan berjalan di sistem saraf. Pertama jalan ke otak, kemudian ke sistem saraf.

Terpopuler: Cara Nasihati Anak Laki-laki Agar Didengar, Trik Bikin Puas Pasangan

"Pada saat berzikir suaranya direndahkan. Pada saat kita membisikkan, itu akan terjadi pertukaran karbondioksida dan oksigen di mulut dan di hidung kita. Jadi, otak diberikan darah oleh jantung untuk membawa oksigen. Kalau kita bernapas dalam, itu mengambil oksigen yang banyak," kata dia.

Aisyah menjelaskan, karena diucapkan dengan nada rendah, pada saat kita melafalkan kalimat zikir, thayyibah dan Asmaul Husna, karbondioksida keluar dari mulut dan otomatis hidung menarik oksigen lebih banyak. Maka, otak akan menjadi lebih sehat.

"Kenapa otak jadi sehat, karena pada saat kita berzikir maka darah ke otak alirannya lebih dahsyat lagi dan membawa oksigen. Itulah makanya otak kita sehat," pungkas dia.

Bahkan bukan hanya otak, Aisyah mengatakan, karena arteri membawa darah yang mengandung oksigen lebih banyak, maka bagian tubuh lainnya yang terasa nyilu atau pegal, karena ada oksigen dia akan mulai kembali nyaman.

"Jadi, kalau badan kita sakit kita beristighfar, tahlil, ucapkan kalimat-kalimat zikir Asmaul Husna yang khususnya untuk keselamatan, maka bagian-bagian yang pegal, yang nyilu, yang terasa gak nyaman, itu akan dialiri darah arteri ini yang membawa oksigen yang banyak," tutur dr. Aisyah Dahlan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya