Kesalahan Terbesar yang Saat Bekerja dari Rumah, Jangan Lakukan

Bekerja dari rumah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sudah hampir setahun sejak pandemi virus corona melanda dunia, memaksa bisnis dan industri untuk menutup kantor mereka dan terus bekerja jarak jauh untuk saat ini. Pengalaman kerja jarak jauh masih cukup baru karena banyak karyawan yang belum puas dengan ide tersebut. 

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Maka, banyak yang akhirnya membuat kesalahan saat bekerja dari jarak jauh yang tanpa disadari memengaruhi produktivitas kerja mereka. Jadi, kami memberikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat bekerja dari jarak jauh, dilansir dari Times of India.

Jangan bekerja dari tempat tidur atau sofa

Sedih Disebut Pencucian Uang, Raffi Ahmad Ngaku Masih Punya Cicilan

Saat bekerja dari jarak jauh, Anda dapat bekerja dengan sangat nyaman di kehangatan rumah. Meskipun itu benar, karyawan akhirnya menjatuhkan diri di tempat tidur atau sofa mereka dan mulai mengerjakan laptop mereka tanpa menganalisis betapa berbahayanya hal itu bagi kesehatan fisik dan mental mereka. 

Viral Kisah Anak TKW di Cianjur Cari Keberadaan Ibu yang Telah Hilang Selama 14 Tahun

Pekerjaan yang dilakukan di sofa atau tempat tidut akan membuat tidak nyaman, karena bisa saja Anda mungkin berjongkok dan bekerja, dan hal itu memengaruhi postur Anda. Jadi, saat bekerja dari jarak jauh, belilah meja dan kursi sederhana untuk menghindari bekerja dengan nada santai di tempat tidur atau sofa.

Selalu berkomunikasi dengan tim

Bekerja secara terpisah dapat melelahkan, karena komunikasi yang kurang lancar dapat terjadi. Bekerja jarak jauh meningkatkan kemungkinan miskomunikasi dan karyawan mungkin juga merasa diabaikan. Jadi, manajer tim harus memastikan ada komunikasi yang memadai melalui pesan teks, panggilan audio atau video untuk mengetahui tugas, status proyek, produktivitas kerja karyawan dan jika mereka menghadapi masalah, dll. Pembaruan biasa sesekali memastikan pekerjaan yang baik hubungan dengan kolega Anda.

Membuat batasan

Akan selalu ada pekerjaan dan gangguan lain di rumah saat bekerja dari jarak jauh. Oleh karena itu, penting untuk mempertahankan struktur kerja bahkan di rumah, yaitu membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan, tetap dalam bagian tertentu dari rumah di mana tidak ada yang dapat mengganggu Anda, dan membuat batasan tentang berinteraksi saat berada di tengah jam kerja. Hal ini membantu tetap fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh hal-hal lain di rumah Anda.

Jangan mengabaikan kesehatan

Photo :
  • U-Report

Ketika berada di satu ruang di rumah saat bekerja, Anda tidak menikmati aktivitas fisik kecil yang biasa dilakukan di kantor, seperti berjalan dari satu meja atau ruang konferensi ke ruang lain, berjalan ke kafetaria dll. 

Sebaliknya, di rumah, Anda akan menemukan diri Anda dengan sakit punggung yang konstan, mati rasa di kaki dan banyak lagi. Tidak heran, beberapa bahkan lupa makan siang! Ini sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan saat bekerja karena itu harus selalu menjadi prioritas pertama Anda terlepas dari tekanan di tempat kerja.

Tingkatkan keterampilan secara keseluruhan

Dengan banyak kekurangannya, kerja jarak jauh sebenarnya bisa bermanfaat bagi seorang karyawan juga. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis dan verbal Anda, mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi teknis yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan banyak lagi. 

Setelah berkomunikasi dengan pesan teks dan telepon, Anda juga harus dapat mengembangkan nada suara dan kesadaran tentang suasana hati karyawan - jika mereka merasa stres rendah. Singkatnya, jangan anggap remeh waktu ini dan hanya mengerjakan proyek yang ditugaskan, tetapi juga tingkatkan keterampilan Anda secara keseluruhan yang diperlukan untuk kerja jarak jauh.

Jangan pakai piyama saat bekerja

Orang yang paling produktif dan sukses tidak pernah memakai piyama saat bekerja dari jarak jauh. Mengenakan setelan kerja biasa dan mendapatkan tampilan segar untuk hari itu, sebelummulai bekerja akan memberi Anda pola pikir dan sikap yang benar. 

Meskipun banyak yang merasa sangat sulit untuk mengikuti rutinitas ini, bagaimanapun juga seseorang harus berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi dan rapi ini saat bekerja di rumah. Ini akan memberi Anda suasana kantor yang sama, bahkan di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya