Nasihat Ustaz Khalid Basalamah Buat Pekerja yang Tinggalkan Salat

Ilustrasi pekerja
Sumber :
  • Pixabay/caio_triana

VIVA – Tak sedikit orang yang mempertanyakan ketika pakaiannya kotor apakah sah untuk salat atau tidak. Di tengah keraguan tersebut, akhirnya mereka memutuskan untuk tidak salat. 

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Padahal, menurut Ustaz Khalid Basalamah, hal itu tidak masalah sama sekali. Menurut dia, tidak ada hubungannya antara orang salat dengan bajunya kotor.

"Sama dengan orang jihad penuh darah bajunya salat aja. Itu bukan najis. Kita tidak boleh pake pakaian atau sajadah, tempat salat, kalau jelas-jelas ada najisnya. Tapi kalau cuma kotor, keringat, gak masalah jangan kehilangan waktu," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @teladan_alquran, dikutip VIVA, Rabu 10 Februari 2021. 

Kemnaker Menyatakan Kepada Pengusaha yang Telat Bayar THR akan Dikenai Denda 5 Persen

Maka dari itu, Ustaz Khalid menganjurkan, pada saat berwudhu tidak ada salahnya untuk mengganti pakaian apabila dirasa kotor, berkeringat dan lain sebagainya, seperti yang dilakukan oleh Ustaz Khalid Basalamah. 

"Kalau saya gak malu kalau ke mana-mana saya bawa tas kresek isinya baju ganti. Saya kalau dari pengajian-pengajian mampir di masjid mana saya mandi, wudhu, bersihin badan, seger kembali baru saya masuk pengajian," kata dia. 

THR Harus Dibayar Penuh Tak Boleh Dicicil, Menaker Terbitkan SE THR Keagamaan 2024

Lebih lanjut Ustaz Khalid menjelaskan, menggunakan wewangian untuk tubuh adalah hukumnya sunnah, terutama untuk laki-laki. 

"Sering gunakan roll on, pewangi badan, itu sunnah, terutama laki-laki," tuturnya. Ustaz Khalid menjelaskan, hal itu sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW, berikut ini. 

"Cintakan kepadaku dunia ini karena adanya wanita dan minyak wangi," kata Ustaz Khalid menjelaskan isi hadis. 

"Makanya aneh kalo ada laki-laki gak suka minyak wangi. Jauh dari sunnah Nabi SAW. Kantongin selalu pakai minyak wangi ke mana-mana. Itu sunnah nabi SAW. Sudah baunya enak dapat pahala lagi," sambung dia. 

Ustaz Khalid kembali mengingatkan kerap ada hal-hal sepele yang akhirnya membuat kita meninggalkan salat, dan itu harus dihindari.

"Ini berhubungan dengan masalah perlunya orang menjaga salat walaupun bajunya kotor yang penting tidak najis. Gak keliatan auratnya silakan dipake gak masalah. Itu bukan alasan," tegas Ustaz Khalid Basalamah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya