Ustaz Adi Hidayat: Ini Rumah yang Takkan Pernah Dimasuki Malaikat

Ustaz Adi Hidayat Lc., Ma.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam Islam, pernahkah kamu mendengar bahwa rumah yang sejuk adalah gambaran pemiliknya yang taat beribadah? Bahkan, malaikat pun tak ragu berdatangan ke rumah-rumah seperti ini. 

Rumah Digruduk Warga, Via Vallen Tetap Santai Update Sosmed Tentang Kehamilan

Namun sebaliknya, menurut Ustaz Adi Hidayat, ada kriteria rumah yang tidak akan pernah dimasuki oleh malaikat. Rumah seperti apa yang dimaksud? 

"Malaikat tidak akan pernah mau masuk ke satu rumah, yang di dalamnya terdapat anjing," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @sahabat.adihidayat, dikutip VIVA, Senin 15 Februari 2021. 

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Pendakwah itu melanjutkan, hampir tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini. Dengan kata lain, para ulama telah sepakat terkait permasalahan ini. 

"Jadi yang dimaksudkan anjing di dalam rumah, bukan anjing penjaga. Walaupun ulama memandang makruh keadaannya sekiranya tidak sangat dibutuhkan," lanjut dia. 

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Ustaz Adi menceritakan sebuah riwayat terkait hal ini. Diceritakan, malaikat Jibril datang pada Rasulullah, tapi sang malaikat tidak mau masuk walaupun telah ditunggu oleh Nabi. Ternyata, ada anak anjing masuk ke sela-sela ranjang Rasulullah. 

"Kata Nabi dari mana itu masuk? Setelah dikeluarkan baru malaikat turun. Jangankan malaikat Mikail, malaikat Jibril pun tidak mau turun kepada Nabi saat itu, karena di dalamnya ada anjing," terang dia. 

Lebih lanjut Ustaz Adi menjelaskan, menurut ulama, ada dua hal yang dipermasalahkan dari anjing yang masuk ke dalam rumah. Apa saja? 

"Kata ulama, pertama ada yang mengartikan anjing sebagai hewan, kedua najis yang melekat pada liurnya," tuturnya. 

"Karena kita tidak pernah mengetahui kapan anjing menjilat tubuhnya, sehingga liurnya menempel di tubuh. Kemudian dia duduk di kursi, masuk ke mana-mana, jilat ke yang lain, maka kotoran-kotoran ini menyebar, sehingga menjadikan malaikat tidak senang turun ke tempat yang kotor bahkan najis," kata Ustaz Adi Hidayat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya