9 Mimpi dan Maknanya, dari Telanjang Hingga Hamil

ilustrasi mimpi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mimpi seringkali dianggap sebagai kembang tidur. Banyak orang seringkali mengaitkan mimpi yang dialami saat tidur dengan firasat di kehidupan nyata.  Banyak sekali orang yang percaya bahwa mimpi bisa jadi jawaban atas beberapa hal dalam kehidupan. 

Aisyah Aqila Alami Memar saat Proses Syuting Film Ku Kejar Mimpi, Simak Ini Sinopsis Selengkapnya 

Namun tak hanya mengandung makna dan firasat, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Newsweek, 43 persen orang Amerika bahkan percaya bahwa mimpi mengungkapkan keinginan seseorang yang tidak disadari.

Dikutip laman Verywellmind, Psikoanalis terkenal Sigmund Freud menggambarkan mimpi sebagai jalan kerajaan menuju alam bawah sadar dan menyarankan bahwa dengan mempelajari isi mimpi yang jelas, kita kemudian dapat mengungkap keinginan tersembunyi dan tidak disadari  mengarah pada neurosis.

Arti Mimpi Melihat Ular Besar, Simbol Keberuntungan dan Keberkahan

Menganalisis simbol mimpi dan mengartikan makna yang tersirat dari mimpi itu sendiri memang menjadi hal yang sangat menarik dan sering bikin banyak orang penasaran. Apakah mimpi benar-benar memiliki makna tersembunyi? 

Mengenai makna di balik mimpi, sebagian besar teori mimpi modern  mengatakan mimpi belum tentu memiliki makna. Namun, hal tersebut tidak menghentikan para penafsir dan analis untuk menerbitkan seluruh kamus mimpi yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi apa arti sebenarnya dari tema dan simbol mimpi. 

Didatangi dalam Mimpi, Sensen Ahmad Kenang Jasa Mendiang Olga Syahputra

Nah, penasaran? Apa makna di balik mimpi di dalam tidur Anda? Yuk simak 9 mimpi dan makna yang tersembunyi di balik mimpi tersebut. 

1. Mimpi Jatuh
Mimpi jatuh dari ketinggian sangat umum terjadi. Meskipun ada mitos populer bahwa jika Anda menyentuh tanah dalam mimpi, Anda akan mati dalam kehidupan nyata, itu tidak benar. Jadi, apa sebenarnya arti mimpi tentang jatuh?

Menurut banyak tafsir mimpi populer dan setidaknya satu penelitian, mimpi jatuh adalah pertanda bahwa sesuatu dalam hidup Anda tidak berjalan dengan baik.

"Bermimpi jatuh sangat umum. Itu adalah simbol ketakutan dalam kehidupan nyata - mungkin gagal di tempat kerja atau dalam kehidupan cinta," klaim Russell Grant, penulis The Illustrated Dream Dictionary.

"Jatuh sering kali mengungkapkan kebutuhan untuk lebih banyak melepaskan diri dan lebih menikmati hidup."

2. Mimpi Telanjang di Depan Umum
Pernahkah Anda mengalami salah satu mimpi canggung di mana Anda muncul di sekolah atau kantor dengan setelan ulang tahun Anda atau bahkan, Anda justru bermimpi tanpa busana atau telanjang di depan umum? Jangan khawatir. Bermimpi tentang telanjang bukanlah hal yang aneh.

Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, menyarankan bahwa memimpikan ketelanjangan di depan umum mungkin menunjukkan bahwa Anda merasa seperti seorang penipu atau bahwa Anda takut mengungkapkan ketidaksempurnaan dan kekurangan Anda. Berikutnya mimpi dikejar.

3. Mimpi Dikejar
Mimpi yang menampilkan diri Anda dikejar oleh penyerang yang dikenal atau tidak dikenal bisa sangat menakutkan. Jenis mimpi ini sangat umum.

Tetapi apa yang dikatakan mimpi-mimpi ini tentang apa yang terjadi di dalam pikiran Anda? Penerjemah mimpi sering menyarankan bahwa mimpi seperti itu berarti bahwa Anda berusaha menghindari sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Tony Crisp, penulis Dream Dictionary, menyatakan bahwa dikejar dalam mimpi mungkin menunjukkan keinginan untuk melepaskan diri dari ketakutan atau keinginan Anda sendiri.

Kunci untuk memahami apa arti mimpi seperti itu sebagian bergantung pada identitas pengejar Anda. Dikejar oleh hewan mungkin menunjukkan bahwa Anda sedang bersembunyi dari amarah, nafsu, dan perasaan Anda sendiri.

Jika pengejar Anda adalah sosok misterius yang tidak dikenal, itu mungkin mewakili pengalaman masa kecil atau trauma masa lalu. Jika Anda dikejar oleh lawan jenis, Crisp menyarankan bahwa itu berarti Anda takut akan cinta atau dihantui oleh hubungan masa lalu.

4. Mimpi Kehilangan Gigi
Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, mengemukakan bahwa bermimpi tentang kehilangan gigi dapat memiliki banyak arti. Ini mungkin berarti Anda mengkhawatirkan daya tarik atau penampilan Anda. Ini mungkin juga menunjukkan bahwa Anda khawatir tentang kemampuan Anda untuk berkomunikasi atau khawatir bahwa Anda mungkin telah mengatakan sesuatu yang memalukan.

"Inti sebenarnya dari gigi adalah kemampuannya untuk menggigit, memotong, merobek, dan menggiling," jelasnya. "Jika gigi Anda tanggal, Anda kehilangan kekuatan pribadi dan kemampuan Anda untuk bersikap tegas, tegas, dan melindungi diri."

5. Mimpi Tentang Kematian
Kematian adalah subjek mimpi umum lainnya dan bisa sangat membingungkan. Pemimpi terkadang memimpikan kematian orang yang dicintai atau bahkan bermimpi tentang kematian diri sendiri. Interpretasi mimpi yang populer terkadang menunjukkan bahwa mimpi seperti itu mencerminkan kecemasan tentang perubahan atau ketakutan akan hal yang tidak diketahui.

"Seperti kematian, perubahan bisa menakutkan karena – juga seperti kematian. Kita tidak tahu apa yang ada  'di sisi lain' dari perubahan, itulah sebabnya pikiran yang bermimpi menyamakan perubahan dengan kematian," kata Lauri Loewenberg dalam bukunya Dream on It: Unlock Your Dreams, Change Your Life.

Loewenberg juga percaya bahwa bermimpi tentang kematian orang yang dicintai dapat mencerminkan ketakutan yang sama terhadap perubahan, terutama yang berkaitan dengan anak-anak yang mencapai tonggak sejarah dan tumbuh dewasa. Perubahan seperti itu, katanya menunjukkan bahwa seorang anak sedang tumbuh dan pikiran orang tua mulai bertanya-tanya ke mana perginya versi yang lebih muda. Oleh karena itu, mimpi tentang kematian seperti itu mencerminkan semacam duka atas perjalanan waktu yang tak terhindarkan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang mendekati akhir hayat dan orang yang mereka cintai di sekitarnya mengalami mimpi yang signifikan dan bermakna, sering kali berkaitan dengan kehadiran yang menghibur, bersiap untuk pergi,  terlibat dengan orang yang sudah meninggal, orang yang dicintai menunggu, pengalaman menyedihkan, dan urusan yang belum selesai. 

6. Mimpi Mengikuti Tes
Menurut Craig Hamilton-Parker, penulis The Hidden Meaning of Dreams, mengikuti ujian yang Anda impikan mungkin mengungkapkan rasa takut yang mendasari kegagalan. Penelitian juga menemukan bahwa mimpi seperti ini adalah hal biasa. Berikutnya mimpi perselingkuhan.

"Ujian adalah pengalaman stres di mana Anda dibuat untuk menghadapi kekurangan Anda," tulisnya. 

"Bermimpi gagal dalam ujian, terlambat, atau tidak siap menunjukkan bahwa Anda merasa tidak siap menghadapi tantangan kehidupan nyata."

7. Bermimpi Perselingkuhan
Bermimpi bahwa pasangan selingkuh dengan orang lain bisa sangat menyedihkan. Dalam beberapa kasus, orang bahkan mulai bertanya-tanya apakah mimpi itu mungkin benar-benar menjadi kenyataan. Apakah bermimpi bahwa pasangan tidak setia berarti hal itu mungkin terjadi? Atau itu sudah terjadi?

Sementara dalam beberapa kasus, mimpi seperti itu mungkin merupakan cerminan dari ketakutan akan perselingkuhan seperti itu, Trish dan Rob MacGregor, penulis Kamus Mimpi Lengkap bertajuk, Complete Dream Dictionary: A Bedside Guide to Knowing What Your Dreams Mean mengatakan, percayalah bahwa mimpi seperti itu mungkin tidak berarti itu pasangan Anda selingkuh atau akan selingkuh.

"Ini adalah mimpi 'bagaimana jika' lainnya. Anda sedang menguji batas-batas realitas," kata Trish dan Rob. 

Eve Adamson dan Gayle Williamson, penulis The Complete Idiot's Guide Dream Dictionary, mengandaikan bahwa mimpi tentang perselingkuhan menunjukkan masalah dengan kepercayaan, kesetiaan, dan komunikasi dalam suatu hubungan. "Jika Anda atau pasangan berselingkuh dalam mimpi Anda, salah satu dari Anda tidak mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari hubungan itu sekarang," tulis mereka.

8. Mimpi Terbang
Bermimpi terbang dialami oleh banyak orang. Mimpi itu bisa bermakna menyenangkan dan bahkan membebaskan, tetapi kadang-kadang bisa sangat menakutkan (terutama bagi mereka yang takut ketinggian). 

Menurut Tony Crisp, penulis Dream Dictionary, mimpi tentang terbang sering kali mewakili dua sisi yang sangat berbeda. Di satu sisi, mimpi seperti itu bisa mewakili perasaan bebas dan mandiri. Di sisi lain, mimpi itu juga bisa menunjukkan keinginan untuk melarikan diri atau melarikan diri dari realitas kehidupan.

"Terbang sendiri paling sering terjadi," tulisnya, "Menunjukkan aspek independen dari terbang. Tetapi karena sering kali melibatkan perasaan senang yang positif, terbang mungkin menggambarkan seksualitas kita ... terutama aspek yang mengekspresikan kebebasan dari norma dan batasan sosial."

9. Mimpi Kehamilan
Penerjemah mimpi sering menyarankan bahwa mimpi tentang kehamilan mewakili segala sesuatu mulai dari kreativitas hingga ketakutan. David C. Lohff, penulis Dream Dictionary percaya bahwa mimpi kehamilan terkadang mewakili ketakutan seorang wanita menjadi ibu yang tidak memadai.

Sebaliknya, penulis Tony Crisp menyatakan bahwa mimpi semacam itu menunjukkan bahwa si pemimpi sedang mengembangkan potensi atau memperdalam hubungan. Penerjemah mimpi Russell Grant menulis bahwa mimpi-mimpi ini menandakan masa-masa sulit.

Setelah melihat 9 makna dari mimpi, apakah beberapa dari tafsir mimpi ini  akurat? Jika tidak, jangan khawatir dan jangan jadikan patokan dalam kehidupan. Jadikan makna ini sebagai hiburan dan tetap percaya dengan Tuhan YME sang penentu kehidupan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya