Yuk, Jelajahi 5 Negara Terkecil di Dunia!

Monaco
Sumber :
  • geojango

VIVA – Kita sering menganggap suatu negara sebagai daratan luas yang berisi banyak kawasan dan pusat administrasi yang berbeda. Namun, beberapa negara nyatanya memiliki luas yang tidak lebih dari titik kecil di peta.

Terpopuler: Kebiasaan yang Buat Pria Disfungsi Ereksi sampai Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta

Dengan begitu banyak negara di seluruh dunia, masuk akal untuk bertanya-tanya mana yang benar-benar terkecil. Beberapa negara terkecil di dunia tersebut berkisar dari negara pulau kecil hingga negara mikro kuno di Eropa Barat.

Yuk ikut menjelajahi 5 negara terkecil di dunia yang diperingkat berdasarkan luas areanya, dikutip dari laman Geo Jango. Penasaran?

Munafik, Deretan Negara Arab Ini Justru Bantu Israel Hancurkan Palestina

San Marino

San Marino adalah negara mikro yang sepenuhnya tertutup di Italia. Seorang tukang batu, yang kemudian dikenal sebagai Santo Marinus, mendirikan negara itu pada tahun 301 M. Ini menjadikan San Marino tidak hanya salah satu negara terkecil di seluruh dunia tetapi juga salah satu yang tertua.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Selain itu, San Marino adalah satu dari tiga negara di dunia yang sepenuhnya tertutup oleh negara lain, dua lainnya adalah Lesotho di Afrika Selatan dan Kota Vatikan di Italia.

Meski begitu kecil, San Marino membanggakan kualitas hidup yang tinggi yang sebanding atau lebih baik dari negara maju lainnya di Eropa Barat. Negara ini memiliki salah satu PDB per kapita tertinggi di dunia dan salah satu tingkat pengangguran terendah di seluruh Eropa.

Fakta Menarik lainnya, San Marino menjadikan Abraham Lincoln sebagai warga negara kehormatan pada tahun 1861 setelah pertukaran surat di mana Lincoln memuji negara itu atas sejarah mereka yang dihormati sebagai republik tertua di dunia. Populasi negara ini sekitar 33.344 dengan menganut bahasa resmi Italia.

Tuvalu

Tuvalu, sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara pulau yang terletak kira-kira di tengah-tengah antara Hawaii dan Australia. Negara ini terdiri dari sembilan pulau, tiga di antaranya adalah pulau karang dan enam di antaranya adalah atol. Karena lokasinya yang terpencil, Tuvalu adalah salah satu negara yang dikunjungi di seluruh dunia dengan sekitar 2.000 pengunjung per tahun.

Meskipun Tuvalu adalah negara terkecil keempat di dunia saat ini, ia berisiko tenggelam oleh naiknya permukaan laut. Ini karena titik tertinggi di negara itu hanya 15 kaki di atas permukaan laut. Ada pembicaraan tentang pemindahan penduduk ke Fiji atau Selandia Baru, dua negara terdekat yang mempertahankan hubungan luar negeri yang kuat dengan Tuvalu, jika ini terjadi.

Fakta Menarik lainnya, Tuvalu tidak menerima kartu kredit dan hanya mengandalkan uang tunai! Luas area dari negara yang didirikan tahun 1978 tersebut yakni sekitar 10 mil persegi (26 km persegi). Dengan populasi sebanyak 11.192, negara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Nauru

Nauru, sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant, adalah negara terkecil ketiga di dunia dan negara pulau terkecil. Faktanya, Nauru sangat kecil sehingga hanya ada dua hotel di seluruh negeri! Pulau ini terletak di dekat Tuvalu di wilayah Samudra Pasifik yang dikenal sebagai Mikronesia. Nauru juga sulit dijangkau dan bahkan menerima lebih sedikit pariwisata daripada tetangganya Tuvalu, yang kemungkinan menjadikannya negara yang paling jarang dikunjungi di dunia.

Ada periode singkat di tahun 1970-an dan 1980-an ketika Nauru membanggakan PDB tertinggi kedua di dunia karena tambang fosfatnya. Namun, tambang tersebut akhirnya habis dan negara itu segera tenggelam dalam kesulitan ekonomi. Saat ini, Nauru memiliki PDB terendah kedua di antara negara mana pun dan berada di urutan kedua setelah Tuvalu yang bertetangga. Karena itu, negara ini sangat bergantung pada Australia untuk dukungan finansial.

Fakta Menariknya, Karena Nauru berada dalam Persemakmuran, Ratu Elizabeth mengunjungi pulau terpencil ini selama tur 1982-nya di Pasifik Selatan. Negara terkecil ini memiliki luas sebesar 21 km persegi. Dengan populasi sebanyak 10.670, negara yang resmi didirikan pada tahun 1968 ini menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi sehari-harinya.

Monaco

Monaco memegang gelar sebagai negara terkecil kedua dan negara terpadat di dunia. Didirikan pada 1297 setelah seorang Genoa bernama François Grimaldi merebut benteng yang melindungi Batu Monako, yang merupakan posisi strategis di sepanjang garis pantai negara itu. Monako, sebagian besar, dipimpin oleh keluarga yang sama ini sejak saat itu.

Negara kecil ini dikenal memiliki kekayaan luar biasa dengan perkiraan 30% dari seluruh penduduknya adalah jutawan. Selain itu, PDB per kapita Monako termasuk yang tertinggi di dunia dengan hampir tidak ada kemiskinan dan tingkat pengangguran 0%. Namun, meski populasinya cukup kaya, Monako sering dianggap sebagai salah satu negara termahal untuk ditinggali karena ukurannya yang kecil dan permintaan perumahan yang tinggi.

Fakta Menariknya, meskipun Monaco menawarkan banyak kasino, terutama Monte Carlo, penduduknya dilarang oleh undang-undang untuk berjudi. Luas negara ini sendiri sebesar 2,1 km persegi. Dengan populasi sebanyak 38.300 penduduk, negara yang berdiri sejak tahun 1297 itu memakai bahasa prancis untuk berkomunikasi.

Kota Vatikan

Kita akhirnya sampai di negara terkecil di dunia! Kota Vatikan adalah negara merdeka yang sepenuhnya terkurung di Roma, Italia. Yang cukup menarik, ini satu-satunya negara di seluruh dunia yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO!

Meskipun Kota Vatikan resmi menjadi negara merdeka pada tahun 1929, sejarahnya dimulai dari abad ke-4 M ketika Kaisar Konstantin memerintahkan pembangunan basilika di atas lokasi kuburan Santo Petrus. Namun, baru setelah 1377 M, proyek konstruksi yang signifikan mulai muncul, terutama Istana Apostolik dan Kapel Sistene. Ini adalah tahun kepausan pindah kembali ke Roma setelah dipindahkan ke Avignon, Prancis selama setengah abad sebelumnya.

Kini, Kota Vatikan adalah tujuan yang sangat populer, yang memungkinkan perekonomian negara berfungsi hampir sepenuhnya dari pariwisata. Meskipun Vatikan berpenduduk kurang dari 1.000 penduduk, Vatikan secara konsisten menerima jutaan pengunjung setiap tahun.

Fakta Menariknyaa, kota Vatikan kira-kira seperdelapan dari ukuran Central Park di New York yakni seluas 0,49 km persegi. Penduduknya sendiri hanya 825 jiwa dengan memakai bahasa Italia sebagai bahasa resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya