Kenapa Anjing Lebih Cepat 'Klik' dengan Anak-anak? Baca Hasil Studinya

Anjing sedang menjilati wajah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pemandangan yang menggambarkan keakraban anak kecil dengan hewan piaraan khususnya anjing tentu sangat mudah ditemukan. Dan ternyata hasil sebuah studi terbaru membeberkan alasan kenapa anjing lebih mudah akrab dengan anak kecil.

Puluhan Bocah Pelaku Tawuran Dihukum 'Mondok' Pesantren Kilat di Kantor Polisi

Seperti yang redaksi lansir dari UPI.com, Jumat 27 Februari 2021, sebuah studi yang dilakukan Monique Udell, seorang profesor di Oregon State University, membeberkan alasan kenapa anjing lebih mudah 'klik' dengan anak kecil dibandingkan orang dewasa. 

"Berita bagus bahwa studi menunjukkan anjing ternyata lebih punya banyak perhatian kepada anak kecil dalam kehidupan sehari-hari. Mereka (anjing) lebih responsif kepada anak kecil dan dalam banyak kasus memperlihatkan hubungan positif dan ikatan yang lebih kuat," kata Monique.

Saat Jenifer hingga Dino Endus Peredaran Narkoba di Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Ada Anjing Tertidur saat Zoom Meeting Berlangsung, Bisa Temukan?

Dalam studinya tersebut, profesor yang memang mendidikasikan diri dalam studi dan penelitian khusus tingkah laku binatang ini membeberkan beberapa catatan menarik. Termasuk 83 persen dari total 30 anak (usia 8 hingga 17 tahun) perkembangan sosial dan aktivitasnya didukung oleh perilaku anjing peliharaannya.

10.000 Pekerja Magang RI Diserap Perusahaan Jepang Selama 2023

Dari studi tersebut juga tercatat bahwa anjing lebih memilih dan tertarik menghabiskan banyak waktunya bersama majikan yang yang masih anak-anak. Dari studi juga direkomendasikan bahwa hubungan seekor anjing dan anak-anak lebih baik dilakukan sedini mungkin.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa anak-anak sangat mampu melatih anjing, dan anjing lebih memperhatikan anak-anak dan dapat belajar dari mereka," kata Udell.

Hasil studi ini tentu juga melengkapi catatan penting lainnya terkait hubungan antara binatang peliharaan dengan manusia. Salah satunya seperti yang disampaikan The American Kennel Club bahwa hubungan anjing dan manusia akan saling membantu untuk kesehatan dan kebahagian keduanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya